Kompas TV nasional peristiwa

Tenyata Ini Pemilik Royal Ambarrukmo, Lokasi Akad Nikah Kaesang dan Erina Hari Ini

Kompas.tv - 10 Desember 2022, 09:52 WIB
tenyata-ini-pemilik-royal-ambarrukmo-lokasi-akad-nikah-kaesang-dan-erina-hari-ini
Pemilik pendopo Royal Ambarrukmo yang jadi lokasi akad nikah Kaesang dan Erina (Sumber: royalambarrukmo.com)
Penulis : Dian Nita | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, dan Erina Gudono akan menikah hari ini, Sabtu (10/12/2022).

Kaesang dan Erina akan melangsungkan akad nikah di Pendopo Royal Ambarrukmo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

"InsyaAllah besok kami akan melangsungkan akad nikah di Royal Ambarrukmo setelah dzuhur dan kami juga berdoa semoga besok lancar juga seperti rangkaian upacara yang telah berlangsung sebelumnya," ujar Erina usai acara midodareni di kediamannya di Sleman, Yogyakarta, Jumat (9/12/2022) malam.

Diketahui, akad nikah Kaesang dan Erina akan dihadiri 250 tamu undangan yang merupakan keluarga dari kedua calon pengantin.

Baca Juga: Kaesang dan Erina Menikah: Prosesi Siraman Erina Bikin Haru Tetangga dan Keluarga

Adapun saksi dalam acara ijab qabul Kaesang dan Erina adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

Pemilik Royal Ambarrukmo

Dikutip dari laman Ambarrukmo.com, pemilik Royal Ambarrukmo adalah keluarga Keraton Yogyakarta lantaran masih termasuk dalam Sultan Ground. 

Hal ini tidak terlepas dari sejarah Royal Ambarrukmo dan Keraton Yogyakarta. Awalnya, Ambarrukmo adalah taman kerajaan yang dibangun di masa Sri Sultan Hamengku Buwono V (1823-1826).

Selanjutnya, di akhir abad ke-18, taman ini kemudian juga difungsikan sebagai pintu gerbang penyambutan tamu-tamu penting Keraton. 

Lalu di era Sultan Hamengku Buwono VII, pihak Keraton kemudian melengkapinya dengan bangunan Pesanggrahan. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x