Kompas TV nasional peristiwa

Kronologi Pesawat Lion Air Mendarat Darurat di Bandara Soekarno-Hatta Akibat Mesin Terbakar

Kompas.tv - 27 Oktober 2022, 05:55 WIB
kronologi-pesawat-lion-air-mendarat-darurat-di-bandara-soekarno-hatta-akibat-mesin-terbakar
Penampakan mesin kiri pesawat Lion Air terbakar di udara. Pesawat dengan nomor penerbangan JT-330 harus mendarat darurat di Bandara Soetta, Rabu (26/10/2022). (Sumber: Istimewa)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pesawat Lion Air JT-330 melakukan pendaratan darurat lantaran mesin kiri pesawat terbakar usai lepas landas. 

Awalnya Pesawat yang membawa 6 kru dan 169 penumpang dengan tujuan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang, lepas landas secara normal dan tidak menunjukkan masalah.

Pesawat lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada pukul 17.13 WIB. 

Setelah pesawat di ketinggian jelajah 3.000 kaki pilot merasakan ada salah satu komponen mesin tidak sesuai dengan semestinya dan diputuskan untuk kembali ke Bandara Soekarno-Hatta untuk pengecekan. 

Baca Juga: Mesin Kiri Diduga Terbakar, Lion Air Sebut Pesawat Layak dan Aman Saat Pengecekan Awal

Pesawat kemudian mendarat darurat di Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 19.40 WIB. 

Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro memastikan pesawat jenis Boeing 737-800NG dengan registrasi PK-LKK tersebut telah dinyatakan layak dan aman dioperasikan melalui pengecekan awal.

Namun, pada ketinggian jelajah 3.000 kaki, pilot mendeteksi kinerja salah satu komponen mesin pesawat tidak bekerja sesuai dengan semestinya dan menunjukkan perlu segera dilakukan pengecekan.

"Dalam memastikan faktor keselamatan dan keamanan penerbangan, pilot memutuskan untuk kembali ke bandar udara asal di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta," ujar Danang dalam keterangan tertulisnya, Rabu (26/10/2022).

Baca Juga: Helikopter Airfast Indonesia Rusak dan Terpaksa Mendarat Darurat, 4 Kru Selamat



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x