Kompas TV nasional peristiwa

Mesin Kiri Diduga Terbakar, Lion Air Sebut Pesawat Layak dan Aman Saat Pengecekan Awal

Kompas.tv - 26 Oktober 2022, 21:01 WIB
mesin-kiri-diduga-terbakar-lion-air-sebut-pesawat-layak-dan-aman-saat-pengecekan-awal
Penampakan mesin kiri pesawat Lion Air diduga terbakar di udara. Pesawat dengan nomor penerbangan JT-330 harus mendarat darurat di Bandara Soetta, Rabu (26/10/2022). (Sumber: Istimewa)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-330 dikabarkan mengalami kendala pada mesin kiri yang diduga terbakar usai take off dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Rabu (26/10/2022) petang.

Corporate Communications Strategic of  Lion Air, Danang Mandala Prihantoro menjelaskan bahwa pesawat Boeing 737-800NG registrasi PK-LKK telah dinyatakan layak dan aman dioperasikan pada pengecekan awal.

Namun, usai take off, pilot merasakan ada yang salah dengan komponen mesin dan harus dilakukan pengecekan.

Baca Juga: WNI yang Pukuli Pramugara Turkish Airlines Ternyata Pegawai Lion Air, Manajemen Tak Ikut Campur

“Pada ketinggian jelajah 3.000 kaki, pilot merasakan kinerja pada salah satu komponen mesin pesawat tidak sesuai dengan yang semestinya dan menunjukkan perlu segera dilakukan pengecekan,” kata Danang dalam keterangan tertulis yang diterima KOMPAS.TV, Rabu.

Untuk memastikan keselamatan penumpang, pilot memutuskan untuk kembali ke Bandara Soetta. Beruntung, pesawat mampu mendarat dengan aman.


 

“Setelah pesawat berhenti dan parkir pada landas parkir (apron), seluruh penumpang diarahkan untuk menuju ruang tunggu (boarding gate) guna mendapatkan informasi lebih lanjut,” jelas Danang.

Teknisi dan pilot kemudian melakukan pengecekan pada pesawat. Untuk saat ini, pihak Lion Air belum bisa memastikan penyebab mesin kiri pesawatnya terbakar.

Baca Juga: Pesawat Cargo Bermuatan Bahan Pangan dan Sepeda Motor Tergelincir di Bandara Ilaga Papua

Rencananya, pesawat Boeing 737-800NG registrasi PK-LKK akan menuju ke Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumatera Selatan dengan membawa enam kru dan 169 penumpang.

Dengan adanya masalah tersebut, penumpang berangkat ke Palembang menggunakan Boeing 737-800NG registrasi PK-LOP pukul 19.20 WIB dan diperkirakan tiba di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badarudin II pukul 20.20 WIB.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x