Kompas TV nasional politik

Pembangunan Infrastruktur Dinilai Berkelanjutan, Dirjen IKP: Masyarakat Kawal agar Tidak Mangkrak

Kompas.tv - 22 September 2022, 03:05 WIB
pembangunan-infrastruktur-dinilai-berkelanjutan-dirjen-ikp-masyarakat-kawal-agar-tidak-mangkrak
Ilustrasi infrastruktur jalan tol layang. (Sumber: Kontan.co.id)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dirjen Informasi Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Usman Kansong menilai bahwa pembangunan infrastruktur di Indonesia berkelanjutan dari waktu ke waktu sejak masa Presiden Soekarno hingga Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Ini semua (pembangunan infrastruktur) dipastikan dan bahkan kita juga berharap, dan mestinya itu terjadi, pemimpin negara berikutnya ini meneruskan apa yang sudah dirintis oleh Presiden Jokowi, oleh Presiden SBY (Susilo Bambang Yudhoyono), oleh Presiden Megawati, Presiden Gusdur (Abdurahman Wahid), Presiden Habibie, Presiden Soeharto dan juga Presiden Soekarno," kata Usman di Sapa Indonesia Malam KOMPAS TV, Rabu (21/9/2022).

Oleh karena itu, kata dia, proyek pembangunan infrastruktur perlu dikawal oleh masyarakat agar tidak mangkrak.

"Jadi ini sebuah proses yang berkelanjutan. Nah, masyarakat saya kira bisa mengawal ini agar pembangunan infrastruktur ini tidak mangkrak. Jadi dikawal oleh masyarakat," imbuhnya.

Ia menegaskan bahwa Presiden Jokowi tidak ingin ada pembangunan infrastruktur yang mangkrak.

"Di tengah situasi ekonomi yang tidak menguntungkan pun, pembangunan infrastruktur terus berlanjut. Ini artinya Presiden Jokowi tidak menginginkan ada pembangunan infrastruktur yang mangkrak," ujarnya.

Menurut dia, pembiayaan infrastruktur terus dicairkan dari berbagai sumber pendanaan.

"Karena mekanismenya ini kan dari APBN, kemudian dari investasi, baik asing maupun dalam negeri, dan melalui kerja sama, mekanisme Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU)," jelas Usman.

Baca Juga: SETARA Institute: Keppres 17/2022 Cara Jokowi Berpura-Pura Tanggung Jawab Pelanggaran HAM Masa Lalu

Pemerintahan Presiden Jokowi juga terus melanjutkan pembangunan di tengah situasi ekonomi yang sulit karena pandemi Covid-19 maupun situasi geopolitik perang Rusia-Ukraina.

"Bahkan di tengah situasi geopolitik yang berdampak secara ekonomi yakni perang Rusia-Ukraina, pembangunan infrastruktur tetap berlanjut. Itu artinya, itu adalah jaminan bahwa pembangunan infrastruktur terus berlangsung," ungkapnya.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x