Kompas TV nasional hukum

Pengacara Brigadir J Kecewa Tidak Diizinkan Ikut Rekonstruksi hingga Tanggapan Pakar Hukum

Kompas.tv - 30 Agustus 2022, 21:11 WIB
pengacara-brigadir-j-kecewa-tidak-diizinkan-ikut-rekonstruksi-hingga-tanggapan-pakar-hukum
Bharada E mengacungkan pistol kepada pemeran Brigadir J di ruang tengah rumah dinas Ferdy Sambo di Jalan Duren Tiga dalam rekonstruksi, Selasa (30/8/2022). (Sumber: Tangkapan layar Youtube Polri TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tim pengacara Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat menyayangkan pihaknya tidak diizinkan ikut dalam rekonstruksi pembunuhan berencana terhadap kliennya.

Nelson Simanjuntak, salah satu anggota tim pengacara Brigadir J, menilai dalam proses rekonstruksi tidak ada persamaan hukum. 

Padahal Brigadir J merupakan korban dan pihak yang melaporkan adanya dugaan pembunuhan berencana dengan terlapor Irjen Ferdy Sambo.

Baca Juga: Ingatkan Polri soal Rekonstruksi, Ma’ruf Amin: Kasus Pembunuhan Yosua Harus Diusut Tuntas

Di sisi lain, Nelson mengatakan, tim pengacara tersangka Irjen Ferdy Sambo dan istrinya, Putri Candrawathi, diizinkan mengikuti proses rekonstruksi.

Menurut dia, jika pengusutan kasus ini dilakukan secara transparan, pihak korban seharusnya diundang saat rekonstruksi, bukan malah memfasilitasi pihak tersangka.

"Kalau lebih enak pengacara Sambo dan PC (Putri Candrawathi) tidak di sana, sudah penyidik saja. Yang korban kan kami, yang mengadukan kami, kenapa tidak bisa masuk?" ujar Nelson dalam Kompas Petang KOMPAS TV, Selasa (30/8/2022).

Pada kesempatan yang sama, pakar hukum Universitas Brawijaya, Aan Eko Widiarto, menjelaskan, rekonstruksi diperlukan untuk membuat terang tindak pidana yang diselidiki penyidik. 

Baca Juga: Cerita Komnas HAM soal Rekonstruksi di Rumah Dinas Ferdy Sambo: Ada Perbedaan Pengakuan Tersangka

Aan mengatakan, pihak yang dihadirkan dalam rekonstruksi tentunya pihak yang ada dalam berita acara pemeriksan (BAP). Para pihak ini yang memerankan peran mereka dalam proses reka ulang atau rekonstruksi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x