Kompas TV nasional kesehatan

Hati-hati Wabah Cacar Monyet, Kenali Perbedaan Ruam akibat Cacar Monyet dan Penyakit Lain

Kompas.tv - 28 Juli 2022, 11:05 WIB
hati-hati-wabah-cacar-monyet-kenali-perbedaan-ruam-akibat-cacar-monyet-dan-penyakit-lain
CDC hari Jumat, (3/6/2022) mengatakan mereka mencatat lebih dari 700 kasus cacar monyet di seluruh dunia, termasuk 21 di Amerika Serikat, dengan penyelidikan sekarang menunjukkan penyebaran di dalam negeri, (Sumber: Straits Times)
Penulis : Dian Septina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - WHO resmi menetapkan wabah penyakit cacar monyet (monkeypox) sebagai darurat kesehatan global.

Cacar monyet merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus monkeypox, termasuk dalam genus Orthopox virus dalam famili Poxviridae.

Ruam kulit akan muncul pada penderita cacar monyet sebagai salah satu gejala. Jika menemukan ruam pada tubuh Anda, apa bedanya dengan ruam kulit akibat penyakit atau hal lainnya?

Gejala

Dikutip dari BBC, dibutuhkan kontak yang dekat dan berkepanjangan dengan penderita cacar kulit, seringkali berupa kontak kulit ke kulit.

Sangat sedikit orang di dunia yang saat ini terinveksi cacar monyet, artinya tidak banyak kesempatan untuk terpapar.

Di Indonesia sendiri, hingga saat ini belum ada temuan kasus cacar monyet. Jika Anda terkena cacar monyet, hal pertama yang akan Anda perhatikan adalah gejala seperti flu, merasa lelah, badan terasa sakit, dan demam.


 

Kondisi ini disebut sebagai masa invasi penyakit, ketika virus memasuki sel Anda. Kelenjar akan terasa bengkak karena sistem kekebalan tubuh meningkat untuk melawan infeksi. Selanjutnya baru muncul ruam.

Baca Juga: Cacar Monyet Belum Terdeteksi di Indonesia, Ini Langkah Pencegahan yang Disiapkan Pemerintah

Ruam cacar monyet

Dikutip dari Self, ruam cacar monyet memiliki penampilan yang sangat beda, yaitu lesi yang jelas dan dalam. Umumnya, ada lebih banyak lesi di wajah daripada di batang tubuhnya.

Menurut WHO, lesi terjadi pada wajah pada sekitar 95 persen kasus, telapak tangan dan telapak kaki pada 75 persen kasus, kulit di dalam mulut pada 70 persen kasus, alat kelamin pada 30 persen kasus, dan mata pada 20 persen kasus.

Ruam tersebut mengikuti perkembangan tahapan tertentu selama dua hingga tiga minggu.

Bentuk ruam cacar monyet



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x