Kompas TV nasional kesehatan

Cacar Monyet Belum Terdeteksi di Indonesia, Ini Langkah Pencegahan yang Disiapkan Pemerintah

Kompas.tv - 28 Juli 2022, 10:03 WIB
cacar-monyet-belum-terdeteksi-di-indonesia-ini-langkah-pencegahan-yang-disiapkan-pemerintah
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan wabah cacar monyet atau Monkeypox sebagai keaadan darurat kesehatan global. (Sumber: Antaranews)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memastikan sampai saat belum ditemukan kasus konfirmasi cacar monyet atau monkeypox di Indonesia. 

"Alhamdulillah, sampai saat ini belum ditemukan kasus monkeypox di Indonesia. Sebelumnya, ada 9 kasus yang diduga terinfeksi monkeypox," kata Juru Bicara COVID-19 Kemenkes Moh. Syahril, dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Kamis (28/7/2022). 

Kendati demikian, dia menuturkan berbagai mitigasi telah dilakukan Kementerian Kesehatan untuk mengantisipasi masuk dan menyebarnya Monkeypox di tanah air. 

Upaya yang dilakukan di antaranya, memperkuat pemeriksaan surveilans di pintu masuk negara baik melalui jalur darat, laut dan udara.

Kemenkes, lanjut dia, juga meminta seluruh dinas kesehatan provinsi dan kabupaten/kota, kantor kesehatan pelabuhan (KKP), laboratorium, rumah sakit, puskesmas dan fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) lainnya untuk meningkatkan kewaspadaan.

Terutama pascapenetapan monkeypox sebagai Kedaruratan Kesehatan Masyarakat yang Meresahkan Dunia atau Public Health Emergency of International Concern (PHEIC) oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 23 Juli lalu.


 

Dua laboratorium rujukan pemeriksa monkeypox pun, kata dia, telah disiapkan Kemenkes, yaitu Pusat Studi Satwa Primata LPPM IPB dan Laboratorium Penelitian Penyakit Infeksi Prof. Sri Oemiyati BKPK.

Syahril kemudian mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan diri dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan seperti menghindari kerumunan, mencuci tangan dengan sabun/alkohol, menggunakan masker serta membudayakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Baca Juga: Cara Terhindar dari Virus Cacar Monyet yang Ditetapkan Sebagai Darurat Kesehatan oleh WHO



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x