Kompas TV nasional politik

Presiden Jokowi Tegaskan Pemerintah Dukung Penuh Jadwal dan Tahapan Pemilu 2024

Kompas.tv - 14 Juni 2022, 22:25 WIB
presiden-jokowi-tegaskan-pemerintah-dukung-penuh-jadwal-dan-tahapan-pemilu-2024
Mendagri Tito Karnavian menyebut Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) secara tegas meyatakan bahwa pemerintah mendukung penuh seluruh jadwal dan tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) secara tegas meyatakan bahwa pemerintah mendukung penuh seluruh jadwal dan tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Pernyataan Jokowi tersebut disampaikan melalui Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian dalam kegiatan peluncuran tahapan Pemilu 2024, Selasa (14/6/2022) malam.

“Dalam beberapa kali rapat kabinet internal, maupun saat menerima komisioner KPU tanggal 3 Mei 2022, presiden secara tegas menyatakan bahwa pemerintah mendukung penuh seluruh jadwal dan tahapan Pemilu 2024 yang sudah ditetapkan,” kata Tito.

Tahapan tersebut, lanjut Tito, dimulai 14 Juni 2022 hingga pemungutan suara Pemilu 14 Februari 2024 dan pilkada serentak November 2024.

Dalam berbagai forum tersebut, lanjutnya, presiden memerintahkan pada Mendagri, Menkeu, termasuk Polri dan pemda untuk memberikan dukungan penuh pada KPU dan jajarannya.

Mulai dari pendampingan penyusunan regulasi, seperti regulasi khusus untuk pengadaan logistik hingga pendanaan yang diperlukan.

“Sehingga KPU diminta oleh Bapak Presiden tidak perlu ragu-ragu untuk segera mempersiapkan pemilu dan pilkada serentak,” tuturnya.

Baca Juga: Peluncuran Tahapan Pemilu, Puan: Di Tahun 2024 Pemilu Harus Dilaksanakan

Penyelenggara diminta untuk mempersiapkan secara detail dan rapi, terutama penyiapan data pemilih agar tidak menjadi perselisihan.

Juga diminta untuk meningkatkan sinergi dengan pemerintah dalam arti yang positif, dan membangun kepercayaan publik kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x