Kompas TV nasional peristiwa

Waspada, Pasang Laut Dampak Bulan Baru Mikro Diapit Supermoon, Fenomena Langka 9 Tahun Sekali

Kompas.tv - 12 Juni 2022, 06:05 WIB
waspada-pasang-laut-dampak-bulan-baru-mikro-diapit-supermoon-fenomena-langka-9-tahun-sekali
Bulan purnama strawberry atau strawberry full moon. (Sumber: SHUTTERSTOCK/DARKFOXELIXIR via Kompas.com)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam waktu dekat ini masyarakat Indonesia dapat menyaksikan fenomena langka yang terjadi 9 tahun sekali.

Fenomena langka tersebut adalah bulan baru mikro yang diapit dengan dua peristiwa supermoon. Peristiwa ini akan terjadi pada 14 Juni hingga 14 Juli 2022.

Peneliti Pusat Riset dan Antariksa LAPAN Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Andi Pangerang Hasanuddin mengatakan, dalam periode 14 Juni hingga 14 Juli mendatang akan terjadi dua kali supermoon atau bulan purnama super yang berdekatan dengan bulan baru mikro.

Baca Juga: Fenomena Langka Salju Turun di Arab Saudi, Pas Hari Pertama Tahun Baru

Bulan purnama super pertama dalam periode Juni-Juli 2022 ini akan hadir pada tanggal 14 Juni 2022. 

Supermoon bulan Juni ini disebut juga dengan purnama stroberi super atau full strawberry supermoon.

"Supermoon berikutnya akan terjadi pada 14 Juli 2022 yang disebut dengan purnama rusa super atau full back moon," ujar Andi dikutip dari Kompas.com, Sabtu (11/6/2022). 

Andi menambahkan, fenomena langka yang terjadi 9 tahun sekali ini memiliki keisitimewaan. Pertama diawali dengan supermoon bertepatan dengan bulan purnama stroberi pada 14 Juni 2022.

Baca Juga: Viral Supermoon di Langit Sumedang Berbentuk Lafaz Allah

Kemudian, bulan baru mikro bertepatan dengan bulan baru stroberi pada 29 Juni 2022, yang kemudian diakhiri dengan fenomena supermoon bertepatan dengan bulan purnama rusa pada 14 Juli 2022.

"Bahkan bulan baru mikro kali ini diapit oleh dua bulan purnama super yang terjadi pada dua bulan berturut-turut," ujar Andi. 

Fenomena langka ini terakhir kali terjadi pada tahun 2004 dan 2013. Jika menghitung periodenya fenomena langka Bulan Baru Mikro diapit dua supermoon ini kemungkinan akan terjadi kembali pada tahun 2031 dan 2040.

Baca Juga: Fase Bulan Purnama, BPBD DKI Minta 4 Wilayah Ini Waspadai Banjir Rob



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x