Kompas TV nasional update

Fase Bulan Purnama, BPBD DKI Minta 4 Wilayah Ini Waspadai Banjir Rob

Senin, 16 Mei 2022 | 09:28 WIB
fase-bulan-purnama-bpbd-dki-minta-4-wilayah-ini-waspadai-banjir-rob
Truk melewati areal banjir rob akibat kenaikan air laut di pesisir Jakarta pada Selasa (7/12/2021). (Sumber: Kompas TV/Ant/Akbar Nugroho Gumay)

Penulis : Hasya Nindita | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta merilis peringatan dini banjir pesisir atau banjir rob akibat kenaikan air laut efek gravitasi bulan purnama.

Peringatan ini dirilis melalui akun Instagram resmi BPBD DKI Jakarta. Diprediksi, banjir pesisir akan berlangsung pada 15-19 Mei 2022.

"Berdasarkan adanya informasi fase bulan purnama menyebabkan terjadinya peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang berpotensi menyebabkan banjir pesisir (Rob) pada pukul 21.00-24.00 WIB," tulis BPBD, dikutip Senin (16/5/2022). 

Baca Juga: Jelang Kemarau, BPBD DKI Minta Warga Jakarta Hemat Air Bersih

Ada empat wilayah yang diminta untuk waspada terhadap kenaikan air laut tersebut yaitu:

  1. Pademangan
  2. Penjaringan
  3. Pelabuhan Sunda Kelapa
  4. Kepulauan Seribu

Selain peringatan banjir rob, BPBD DKI juga menjelaskan kondisi ini diperparah dengan tren penurunan tinggi muka air tanah di wilayah utara Jakarta.

Untuk itu masyarakat yang berada di empat wilayah yang disebutkan diminta waspada mengantisipasi kemungkinan buruk akibat kenaikan air laut tersebut.

"Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut dan memperhatikan peringatan dan informasi cuaca maritim dari BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika)."

Baca Juga: Masuki Musim Kemarau, BPBD DKI Peringatkan Warga Waspadai Kekeringan

 


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x