Kompas TV nasional berita utama

Tjahjo Kumolo: Tidak Menutup Kemungkinan Oknum Kemenpan RB dan BKN Terlibat Kecurangan Seleksi CASN

Kompas.tv - 25 April 2022, 16:28 WIB
tjahjo-kumolo-tidak-menutup-kemungkinan-oknum-kemenpan-rb-dan-bkn-terlibat-kecurangan-seleksi-casn
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo. (Sumber: Dokumentasi Humas Setkab)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo menduga ada keterlibatan orang di kementeriannya dan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) dalam kasus kecurangan seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) 2021.

Pernyataan itu disampaikan Tjahjo merespons pengungkapan kasus dugaan kecurangan dalam seleksi CASN 2021 oleh Satuan Tugas Anti Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (Satgas Anti-KKN) Polri. Sebanyak 30 orang telah ditangkap terkait kasus ini.

"Tidak menutup kemungkinan kalau ada bukti oknum Kemenpan RB dan BKN terlibat jaringan tersebut," kata Tjahjo, Senin (25/4/2022), sebagaimana dikutip dari Antara.

Tjahjo berharap Polri dengan segala bukti yang dimilikinya, dapat memproses sesuai hukum pelaku kecurangan dalam seleksi CASN.

Baca Juga: Bareskrim Polri Tangkap 30 Orang dalam Kasus Dugaan Kecurangan Seleksi Calon ASN 2021

Sehingga, kata Tjahjo, proses persiapan matang pemerintah untuk penerimaan abdi negara dapat berjalan semestinya.

"Bareskrim, dengan data-data yang ada dan bukti awal jejak digital, pasti akan menangkap dan memproses. Jangan sampai proses ujian CPNS, yang sudah disiapkan begitu bagus melibatkan seluruh instansi, dirusak oknum-oknum tidak bertanggung jawab," jelasnya.

Dalam keterangannya, Tjahjo menuturkan dugaannya soal keterlibatan oknum di Kemenpan RB dan BKN dalam kasus ini. Hal itu berdasarkan pengalaman sebelumnya, di mana terdapat calo dari unsur ASN.

"Pengalaman, kalau ada ujian penerimaan CPNS, ada saja calo-calo yang akhirnya lewat pengaduan korban, bisa diringkus oleh Polri," tambahnya.

Atas dasar itu, Tjahjo pun mengapresiasi kinerja Polri yang telah menangkap 30 orang dalam kasus dugaan kecurangan seleksi CASN 2021.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x