Kompas TV nasional hukum

Aliran Dana Doni Salmanan Terus Diselidiki, Ini Sederet Publik Figur yang Turut Diperiksa Polisi

Kompas.tv - 22 Maret 2022, 10:38 WIB
aliran-dana-doni-salmanan-terus-diselidiki-ini-sederet-publik-figur-yang-turut-diperiksa-polisi
Arief Muhammad dan Reza Arap (kiri dan kanan) diperiksa Polisi terkait kasus Doni Salmanan (tengah)  (Sumber: TribunStyle)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV — Penyidik Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri terus melakukan penelusuran terkait aliran dana dari Doni Salmanan, tersangka penipuan trading opsi biner Quotex.

Salah satunya dengan memeriksa sejumlah publik figur yang telah menerima hadiah saweran sejumlah uang dan barang dari Doni Salmanan.

Menurut Kasubdit I Dittipidsiber Bareskrim Polri Kombes Pol. Reinhard Hutagaol pemberian hadiah dan uang kepada sejumlah publik figur diduga menjadi modus Doni Salmanan untuk mempromosikan diri sehingga menarik orang untuk trading di Binary Option Quotex, di mana dia sebagai afiliatornya.

Berikut ini sederet publik figur yang diperiksa polisi terkait kasus Doni Salmanan:

1. Reza Arap

YouTuber Reza Oktovian alias Reza Arap memenuhi panggilan Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri pada Kamis (17/3/2022).

Personel grup musik Weird Genius itu menjalani pemeriksaan sebagai saksi terkait aliran dana dari Doni Salmanan, afiliator aplikasi trading bodong Quotex.

Pemeriksaan ini merupakan buntut dari Reza yang sebelumnya telah mendapatkan aliran dana dari Doni Salmanan sebesar Rp 1 miliar.

Uang tersebut diterimanya, setelah Doni mengirim uang saat Reza mengadakan live streaming pada Juli 2021 lalu.

Baca Juga: Hari Ini Rizky Billar Diperiksa Bareskrim Polri terkait Kasus Doni Salmanan

2. Arief Muhammad

YouTuber Arief Muhammad menyatakan kesiapannya untuk mengembalikan uang hasil penjualan mobil Porshe yang dibeli Doni Salmanan, Desember 2021 lalu.

Hal tersebut dilakukan karena dia ingin membantu pihak kepolisian dalam mengusut kasus dugaan penipuan dan tindak pidana pencucian uang.

“Sebagai warga negara yang baik, saya akan kooperatif banget kalau misalnya penyidik membutuhkan itu,” kata Arief, Kamis (17/3/2022).

Arief Muhammad menjalani pemeriksaan terkait kasus Doni Salmanan karena pernah menjual mobilnya ke crazy rich Bandung itu.

Kendati demikian, selama pemeriksaan pihak penyidik tidak menyinggung soal pengembalian dana uang hasil penjualan Porsche yang bernilai Rp4 miliar.

Dia hanya ditanyai seputar jual beli mobil mewah tersebut.

“Kita kebetulan untuk tadi dimintai keterangan belum ada pembahasan mengenai itu (pengembalian dana) sama sekali,” ujar Arief.

“Hari ini kita cuma ngobrol mengenai jual beli mobil aja karena kebetulan Doni Salmanan beli mobil Porsche aku,” imbuhnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x