Kompas TV nasional peristiwa

Beberapa Negara Masuk Transisi Endemi Covid-19, Bagaimana dengan RI? Ini Kata Luhut

Kompas.tv - 15 Maret 2022, 06:52 WIB
beberapa-negara-masuk-transisi-endemi-covid-19-bagaimana-dengan-ri-ini-kata-luhut
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (Sumber: Tangkapan layar video kanal Youtube Sekretariat Presiden RI)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan beberapa negara telah melakukan transisi dari masa pandemi Covid-19 ke endemi.

Luhut mengatakan pertimbangan dari beberapa negara tersebut yakni, capaian vaksinasi lengkap dan booster yang sudah tinggi.

"Beberapa negara seperti Arab Saudi dan Malaysia mulai melakukan transisi dari pademi ke endemi. Perkembangan utamanya adalah tingkat vaksinasi lengkap dan booster yang sudah tinggi di kedua negara itu," kata Luhut dalam konferensi pers daring, Senin (14/3/2022).

Lalu bagaimana dengan Indonesia?

Seperti diketahui, Indonesia hingga kini belum menyatakan masuk fase transisi menuju endemi Covid-19.

Adapun alsannya, karena capaian vaksinasi lengkap dan booster di Indonesia masih tertinggal.

"Dibandingkan kedua negara, cakupan vaksinasi dosis lengkap dan booster kita (Indonesia) masih tertinggal," ujarnya.

Sebab itu, Koordinator PPKM Jawa Bali ini menegaskan pemerintah akan terus mengakselerasi vaksinasi lengkap dan booster di Jawa-Bali, terlebih menjelang bulan Ramdan dan Hari Raya Idul Fitri 2022.

Baca Juga: Hasil Seminggu Uji Coba Peniadaan Karantina di Bali, Luhut: Jumlah Wisatawan Meningkat Pesat

Menko Luhut menjelaskan bahwa vaksinasi perlu dikejar, agar nanti pada bulan Ramadan dan Lebaran tidak terjadi lonjakan jumlah rawat inap rumah sakit dan tingkat kematian.

"Kita berharap agar aktivitas ibadah umat Muslim selama Ramadan dan Idul Fitri nanti dapat berjalan maksimal, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan sehingga tidak terjadi lonjakan kasus,” ujarnya.

Luhut kemudian meminta agar semua masyarakat dapat mendukung program percepatan vaksinasi, mengingat ini merupakan upaya mitigasi untuk memberikan perlindungan yang lebih baik selama pandemi Covid-19.

Dia juga meminta kepada masyarakat yang sudah dapat melakukan vaksin ketiga untuk segera divaksin tanpa memilih jenisnya.

“Selama enggak ada komorbid, enggak usah pilih-pilih vaksin," kata Luhut.

"Hal lain yang perlu saya sampaikan, penggunaan masker dan penerapan protokol kesehatan harus tetap kita lakukan,” ujarnya.

Sebagai informasi, meski belum masuk fase endemi, namun Indonesia sudah dalam proses transisi perubahan tersebut.

Hal ini terlihat dari adanya keputusan pemerintah yang telah melonggarkan berbagai kebijakan terkait Covid-19 di tanah air.

Baca Juga: Pemerintah Sebut Situasi Pandemi Terus Membaik, Ini Sederet Kebijakan Baru Transisi Menuju Normal



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x