Kompas TV nasional agama

Niat Puasa Ganti Ramadan atau Qadha dan Tata Caranya, Segera Tuntaskan

Kompas.tv - 14 Maret 2022, 11:41 WIB
niat-puasa-ganti-ramadan-atau-qadha-dan-tata-caranya-segera-tuntaskan
Ilustrasi niat puasa Qadha Ramadan atau puasa pengganti. (Sumber: Unsplash/Simon Infanger)
Penulis : Dian Nita | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mengetahui niat puasa Qadha Ramadan wajib bagi muslim yang ingin mengganti puasa yang tidak terpenuhi tahun lalu.

Puasa Qadha adalah puasa pengganti yang dilakukan umat Islam karena di bulan Ramadan tahun sebelumnya tidak bisa melaksanakan puasa secara penuh yang disebabkan suatu hal sesuai syar'i.

Dalam buku "Qadha dan Fidyah Puasa" oleh Maharati Marfuah, penyebab Qadha terdiri dari alasan udzur syar'i dan batal puasa.

Udzur syar'i termasuk perempuan haid dan nifas, orang sakit, musafir dan orang dalam keadaan darurat misalnya kecelakaan.

Adapun penyebab batal puasa antara lain, sengaja membatalkan puasa atau keliru membatalkan puasa.

Baca Juga: 6 Peristiwa Penting Bulan Sya'ban yang Wajib Diketahui Umat Islam

Mengganti puasa atau Qadha Ramadan pun hukumnya wajib dilaksanakan sebanyak hari yang ditinggalkan, sebagaimana dijelaskan dalam QS. Al Baqarah ayat 184.

Artinya:"(yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barangsiapa di antara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui

Oleh karena itu, sebelum memasuki bulan Ramadan yang tinggal menghitung hari, semua umat muslim yang memiliki hutang puasa harus segera dibayar.

Berikut niat dan tata cara menjalankan puasa Qadha Ramadan.

Niat Puasa Qadha

Niat puasa Qadha dibaca setelah melakukan sahur. Berikut bacaannya.

Nawaitu shauma ghadin ‘an qadh ’I fardhi syahri Ramadh na lillâhi ta‘âlâ.

Artinya:




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x