Kompas TV lifestyle kesehatan

6 Manfaat Teh Rosella untuk Kesehatan Tubuh, Cegah Kanker hingga Obesitas

Kompas.tv - 14 Mei 2024, 18:05 WIB
6-manfaat-teh-rosella-untuk-kesehatan-tubuh-cegah-kanker-hingga-obesitas
Ilustrasi obesitas. (Sumber: Unsplash/Towfiqu barbhuiya)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Teh rosella menjadi salah satu teh herbal yang diyakini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Teh rosella terbuat dari bunga rosella atau Hibiscus sabdariffa

Tak hanya enak dijadikan minuman hangat, teh rosella kaya akan kandungan antioksidan dan senyawa yang dapat menangkal radikal bebas. Bunga terutama bagian kelopak rosella kaya akan kandungan asam organik, mineral, asam amino, karoten, dan vitamin C. 

Kandungan vitamin C dalam bunga rosella sembilan kali lebih tinggi dari jeruk. Melansir laman Healthline, teh rosella dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit, dan membantu menurunkan berat badan.

Baca Juga: Potret Kedai Kopi dan Teh Penyandang Difabel di Stasiun Sudirman, Jakarta

Berikut ragam manfaat teh rosella untuk kesehatan tubuh.

1. Menurunkan tekanan darah

Salah satu manfaat teh rosella untuk kesehatan adalah membantu menurunkan tekanan darah. Melansir laman Web MD, beberapa penelitian yang membuktikan bahwa konsumsi rosella secara rutin selama 2 hingga 6 minggu dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi ringan.

Sebuah penelitian bahkan menunjukkan bahwa konsumsi rosella lebih efektif dalam menurunkan tekanan darah daripada beberapa jenis obat yang sering diresepkan untuk penderita hipertensi ringan hingga sedang. Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas dan tingkat keamanan dalam mengonsumsi rosella untuk mengatasi tekanan darah tinggi.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat menambah beban kerja jantung dalam memompa, sehingga lama-kelamaan akan membuatnya melemah. Kondisi medis ini juga kerap dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

2. Mencegah kanker

Teh rosella dapat menangkal radikal bebas yang jadi penyebab berkembangnya penyakit kanker dalam tubuh. Dengan mengonsumsi bunga rosella yang kaya akan antioksidan pelawan radikal bebas, sehingga penyakit akibat pertumbuhan sel abnormal tak terkendali ini pun dapat dicegah.

3. Menurunkan berat badan



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x