Kompas TV nasional politik

Berubah Pikiran, Surya Paloh Tegaskan NasDem Tak akan Gelar Konvensi Capres 2024, Ini Alasannya

Kompas.tv - 1 Maret 2022, 05:45 WIB
berubah-pikiran-surya-paloh-tegaskan-nasdem-tak-akan-gelar-konvensi-capres-2024-ini-alasannya
Surya Paloh tiba sebelum acara pelantikan presiden dan wakil presiden di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019). (Sumber: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Hariyanto Kurniawan

SURABAYA, KOMPAS.TV - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menegaskan pihaknya batal menggelar konvensi penjaringan calon presiden (Capres) untuk pemilihan umum atau Pemilu 2024 mendatang.

"Konvensi saya anggap selesai dan (Partai) NasDem tak akan menyelenggarakannya. Ini agar tidak terjadi kesimpangsiuran," kata Surya Paloh di sela-sela Rapat Koordinasi Pemenangan Pemilu 2024 di Surabaya, Senin (28/2/2022).

Baca Juga: Surya Paloh Minta Jangan Ada Penundaan Pemilu: Kereta Api Sudah Jalan, Jangan Sampai Berhenti

Surya Paloh mengungkapkan alasan Partai NasDem tidak menyelenggarakan konvensi capres 2024 karena terkait syarat formal.

Sebab, agar seseorang bisa diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) mencalonkan diri sebagai calon presiden, minimal harus memiliki 20 persen suara.

Sementara Partai NasDem hanya mempunyai 9,6 persen pada Pemilu 2019. Dengan begitu, partainya harus berkoalisi dengan partai politik lain untuk dapat mengusung pasangan calon presiden dan wakil presiden.

"Kami sangat perlu koalisi. Tapi sayang seribu sayang, banyak partner yang masih sibuk ingin jadi presiden. Jadi, untuk apalagi diteruskan konvensi?" ucap dia.

Baca Juga: Nasdem: Usulan Perpanjangan Masa Jabatan Presiden Jokowi akan Hancurkan Demokrasi Indonesia

Sebagai ganti konvensi capres, Partai NasDem akan menyelenggarakan Rembuk Nasional melalui Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada 15 sampai 17 Juni 2022.

Dalam kegiatan rembuk nasional itu, akan membahas berbagai topik penting, salah satunya terkait pencalonan presiden 2024.

Sebelumnya, Partai NasDem berencana menggelar konvensi bagi putra dan putri terbaik bangsa yang bercita-cita sebagai pemimpin.

Rencananya, Konvensi Partai Nasdem akan digelar secara terbuka agar dapat menjaring putra dan putri terbaik bangsa dari seluruh daerah.

Baca Juga: Nasdem Siapkan Nama 3 Capres untuk Diusung di Pilpres 2024



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA


Opini

Arch of Augustus di Rimini

28 April 2024, 07:05 WIB

Close Ads x