Kompas TV nasional sosok

Bakal Dilantik Jokowi Jadi Gubernur Lemhanas, Ini Profil Andi Widjajanto

Kompas.tv - 21 Februari 2022, 06:36 WIB
bakal-dilantik-jokowi-jadi-gubernur-lemhanas-ini-profil-andi-widjajanto
Andi Widjajanto saat menjabat Sekretaris Kabinet (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mantan Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto dikabarkan akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo menjadi Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas). 

Kabar tersebut diketahui dari sumber di lingkungan Istana Presiden dan DPR RI, seperti juga dikabarkan Kompas.com, Minggu (20/2/2022).

Dijadwalkan, Andi Widjajanto akan dilantik hari ini, Senin (21/2/2022).

Baca Juga: Hari Ini, Andi Widjajanto Disebut Akan Dilantik Jokowi Jadi Gubernur Lemhanas

Profil Andi Widjajanto

Dikutip dari surabaya.tribunnews.com, Andi Widjajanto tercatat pernah menjabat sebagai Sekretaris Kabinet dalam pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla mulai 3 November 2014 hingga 12 Agustus 2015. 

Sebelumnya, ia aktif sebagai Deputi Tim Transisi menjelang terbentuknya Kabinet Kerja.  

Andi Widjajanto memiliki latar belakang pendidikan di FISIP jurusan HI di Universitas Indonesia lulus 1996. Kemudian mendapat gelar sarjana dari School of Oriental dan African Studies University of London. 

Andi Widjajanto juga mendapatkan Master of Sciences dari London School of Economics, sekaligus juga dapat gelar Master of Sciences dari Industrial College of Armed Forces, Washington DC, Amerika Serikat pada tahun 2003. 

Andi Widjajanto adalah dosen tetap pada FISIP di Universitas Indonesia.

Selain itu, Andi pernah tercatat sebagai Koordinator di Gerakan Non Blok Study Center dan juga aktif sebagai peneliti di jurusan HI – FISIP UI. 

Andi juga tercatat sebagai Dewan Editor pada jurnal politik internasional Global. 

Pernah juga bekerja sebagai Managing Director di PACIVIS, Center for Global Civil Society Studies Universitas Indonesia hingga jabatan Direktur Eksekutif pada PACIVIS dan Direktur Ekonomi Pertahanan di Institut Pertahanan dan Studi Keamanan - UI. 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x