Kompas TV nasional kesehatan

Bahaya Covid-19 pada Penderita Diabetes

Kompas.tv - 19 Februari 2022, 06:30 WIB
bahaya-covid-19-pada-penderita-diabetes
Ilustrasi diabetes melitus. Pengidap diabetes punya risiko tinggi mengalami komplikasi parah akibat Covid-19. (Sumber: Shutterstock via Kompas.com)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Virus corona yang menyebabkan Covid-19 dapat lebih berbahaya jika menyerang seseorang dengan kondisi tertentu. Salah satu komorbid (penyakit penyerta) yang berbahaya adalah diabetes.

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS) Reviono mengungkapkan alasan bahayanya komorbid diabetes. Penyakit ini dapat menurunkan kekebalan tubuh.

"Kalau diabetes melitus itu paling besar penurunan kekebalan, karena sel-sel kekebalannya ini tertekan/tersupresi," kata Reviono kepada Kompas.com, Rabu (16/2/2022) lalu.

Potensi bahaya komorbid diabetes membuat Reviono menyarankan pasien tetap dirawat di rumah sakit walaupun menunjukkan gejala Covid-19 yang ringan.

"Karena di rumah sakit, pasien komorbid akan menerima dua macam obat, obat untuk virus corona dan obat untuk penyakit komorbidnya," lanjutnya.

Selain itu, ia menyarankan penderita diabetes untuk berupaya mengontrol kadar gula darah secara rutin.

“Punya diabetes itu kalau kadar gula darahnya terkontrol itu kekebalannya lebih baik dibanding yang tidak terkontrol," tandas Reviono.

Baca Juga: Air Rebusan Bawang Dayak Baik untuk Penderita Diabetes, Intip Khasiat Lainnya

Indonesia tengah menghadapi gelombang Omicron yang membuat kasus Covid-19 melonjak. Walaupun varian itu umumnya menimbulkan gejala ringan, pengidap diabetes tetap perlu berhati-hati.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x