Kompas TV nasional update

Indonesia juga Pesan 2 Kapal Selam dari Prancis, Jubir Kemenhan: Ekskalasi di Laut Natuna Meningkat

Kompas.tv - 12 Februari 2022, 07:48 WIB
indonesia-juga-pesan-2-kapal-selam-dari-prancis-jubir-kemenhan-ekskalasi-di-laut-natuna-meningkat
Spesifikasi kapal selam Scorpene buatan Prancis yang dibeli Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk TNI Angkatan Laut RI. (Sumber: Naval Technology)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Tidak hanya menandatangani kontrak pengadaan enam unit pesawat tempur Dasco Rafale, pemerintah Indonesia dan Prancis juga sepakat terkait pembelian dua kapal selam Scorpene untuk Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL).

Untuk pesawat tempur, nantinya Pemerintah Indonesia akan membeli 36 unit lagi pesawat Dasco Rafale buatan Prancis. Sehingga total pembelian sebanyak 42 unit.

Penandatanganan kerja sama pengadaan pesawat tersebut disaksikan langsung oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri Angkatan Bersenjata Perancis Florence Parly.

“Menandatangani pembelian enam pesawat tempur Rafale, dan itu tinggal diaktifkan,” kata Juru Bicara Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI, Dahnil Anzar Simanjuntak, dalam wawancaranya kepada Kompas TV, Jumat (11/2/2022).

“Dan kerja sama selanjutnya terkait dengan 36 pesawat Rafale lainnya. Itu dalam waktu jangka panjang,” lanjutnya.

Baca Juga: Pengamat Militer Sebut Pemilihan Pesawat Tempur Rafale Langkah Tepat, tapi Ada yang Harus Disoroti

Dahnil menambahkan, selain pengadaan pesawat tempur tersebut, kerja sama lain di bidang alutsista adalah pembelian kapal selam dan kapal tempur.

“Kerja sama industri pertahanan lainnya tentu adalah pengembangan kapal selam, kapal tempur, semuanya dilakukan dalam rangka riset bersama, pengembangan bersama,” imbuh Dahnil.

Jet tempur Dasco Rafale adalah pesawat tempur buatan Prancis yang dapat beroperasi dari kapal induk dan pangkalan pantai.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x