Kompas TV nasional peristiwa

Ganjar Pranowo Bantah Fasilitasi Warga Wadas Rapat di Hotel Semarang: Itu Komnas HAM, Bukan Kami

Kompas.tv - 10 Februari 2022, 10:52 WIB
ganjar-pranowo-bantah-fasilitasi-warga-wadas-rapat-di-hotel-semarang-itu-komnas-ham-bukan-kami
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendatangi Desa Wadas, Kecamatan Bener, Purworejo, Rabu (9/2/2022), dan berdialog dengan warga yang pro penambangan. (Sumber: Pemprov Jateng)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membantah pihaknya memfasilitasi rapat dengan warga Wadas di Hotel daerah Semarang.

Pernyataan itu disampaikan Ganjar Pranowo merespons kritik yang disampaikan Ketua Bidang Advokasi Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) Zainal Arifin di Sapa Indonesia Pagi KOMPAS TV, Kamis (10/2/2022).

“Yang mengundang bukan kami, justru kami meminta Komnas HAM, kenapa Komnas HAM yang saya minta karena kalau kami yang mengundang posisinya menjadi tidak fair, wah ini Pemerintah nanti tidak cocok, pemerintahan nanti berat sebelah dan sebagainya,” jelas Ganjar.

“Maka ketika Komnas HAM mendapatkan kredibilitas, yang mengundang itu Komnas HAM, bukan saya. Kenapa tempatnya di hotel, yang memilih Komnas HAM sendiri, sebenarnya di mana pun tempatnya oke,” tambah Ganjar.

Menurut Ganjar, saat ini yang terjadi dalam persoalan konflik lahan di Wadas banyak pihak yang tidak mengikuti sejak awal muncul dengan interpretasi tanpa konfirmasi.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Bantah Warga Wadas Dikepung Saat Istighosah: Dibuka Kok Videonya, Bisa Diceritain

“Memang ketika kemudikan tidak terlalu banyak orang yang mengikuti pada saat itu interpretasi akan muncul dari mana pun, ketika interpretasi muncul tanpa konfirmasi ya sudah yang terjadi belok nanti,” ujarnya.

Ganjar menambahkan bahwa pertemuan tersebut diselenggarakan oleh Komnas HAM dan tidak dihadiri oleh warga Wadas.

Komnas HAM, sambung Ganjar, juga menindaklanjuti dengan hadir langsung di Desa Wadas untuk menemui warga.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x