Kompas TV nasional peristiwa

Pengungsi Afghanistan Terkatung-katung di Indonesia, MUI: UNHCR Jangan Lepas Tangan

Kompas.tv - 2 Januari 2022, 15:22 WIB
pengungsi-afghanistan-terkatung-katung-di-indonesia-mui-unhcr-jangan-lepas-tangan
Aksi unjuk rasa pengungsi Afghanistan di depan kantor UNHCR, Selasa (24/8/2021). MUI mendesak UNHCR bertanggung jawab dan tidak lepas tangan atas nasib pengungsi Afghanistan yang terkatung-katung di Indonesia. (Sumber: Kompas.TV/Bongga Wangga )
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Majelis Ulama Indonesia Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional Sudarnoto Abdul Hakim mendesak agar United Nations High Commisioner For Refugees (UNHCR) segera menyelesaikan persoalan para pengungsi yang sudah lama terkatung-katung di Indonesia, khususnya dari Afghanistan.

Urusan pengungsi ini, kata Sudarnoto, harus segera diselesaikan sebab para pengungsi saat ini merasa berada dalam ketidakpastian.

Para pengungsi Afghanistan ini, lanjut dia, ditampung untuk sementara di beberapa wilayah Indonesia.

Selama dalam penampungan, masyarakat Indonesia memperlakukan dengan baik dan memberikan bantuan untuk berbagai keperluan hidup sehari-hari.

“Meskipun demikian, UNHCR juga harus tunjukkan sikap yang bertanggung jawab dan profesional di mata bangsa Indonesia. Jangan lepas tangan, ini tidak etis membebani Indonesia,” ujar Sudarnoto Abdul dalam siaran persnya, sebagaimana dikutip KOMPAS TV dari Antara, Sabtu (1/1/2021).

Baca Juga: Penertiban Pengungsi Afghanistan Ricuh di Kota Medan Ricuh

Sudarnoto lantas mengatakan, UNHCR harus berhasil meyakinkan negara-negara pemberi suaka politik agar segera membuka diri dan menerima para pengungsi.

Ini, kata dia, adalah langkah produktif dan bisa menjadi solusi bersama bagi UNHCR, Indonesia, negara pemberi suaka politik, dan pengungsi.

“Desakan UNHCR kepada pemerintah Indonesia sebetulnya tidak perlu dilakukan. Ini mengesankan bahwa pemerintah dan bangsa Indonesia tidak peduli kepada masalah-masalah kemanusiaan," ujarnya.

"Yang justru harus dilakukan oleh UNHCR saat ini ialah segera menyelesaikan para pengungsi Afghanistan yang sudah lama terkatung-katung di Indonesia."

Pria yang juga dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu menilai, UNHCR membiarkan para pengungsi berada dalam ketidakpastian.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x