Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Beri 4 Pesan Penting Ini Kepada Seluruh Kepala Daerah di Indonesia

Kompas.tv - 20 Oktober 2021, 13:33 WIB
jokowi-beri-4-pesan-penting-ini-kepada-seluruh-kepala-daerah-di-indonesia
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Pembukaan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Otonomi Expo tahun 2021 (Sumber: YouTube Sekretariat Presiden)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mmberikan sejumlah pesan untuk seluruh kepala daerah di Tanah Air. 

Pesan tersebut disampaikan Jokowi dalam Pembukaan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Otonomi Expo tahun 2021 yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (20/10/2021). 

Pada kesempatan itu Presiden mengatakan perekonomian terutama perdagangan, turisme, dan investasi harus mulai digerakan kembali di tengah pandemi COVID-19.

Meski demikian, Jokowi menekankan perekonomian perlu diaktifkan kembali, namun dengan tetap waspada terhadap masalah kesehatan dengan disiplin prokes dan juga percepatan vaksinasi COVID-19.

Adapun hal yang patut dicermati ialah kontrol di lapangan harus terus dilakukan apalagi dengan adanya sekolah tatap muka.

Baca Juga: Dua Tahun Pemerintahan Jokowi-Amin, KontraS Catat Demokrasi yang Menurun

Berikut beberapa pesan Jokowi yang juga disampaikan di depa para bupati yang tergabung dalam Apkasi:

1. Kepala Daerah Pastikan Kesiapan Sekolah Tatap Muka

Jokowi meminta kepala daerah untuk memastikan kesiapan sekolah yang menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Hal ini dilakukan agar tiak terjadi penularan COVID-19.

“Kontrol lapangan harus terus dilakukan utamanya sekarang berkaitan dengan sekolah PTM. Dicek betul bahwa kesiapan sekolah dalam menerapkan prokes benar-benar dijalankan, karena mengelola anak-anak terutama yang SD bukanlah hal yang mudah," kata Jokowi. 

Dia mengingatkan jangan sampai Indonesia seperti negara-negara lain yang mengalami peningkatan kasus COVID-19 setelah pelonggaran pembatasan kegiatan sosial dilakukan.

"Saya minta semua daerah, juga saya minta kewaspadaannya tinggi, karena beberapa negara kemarin merangkak naik karena pembukaan sekolah, dan kita tidak mau itu terjadi di negara kita," tegasnya.

Di kesempatan itu, dia juga meminta pemerintah daerah untuk selalu memeriksa ketersediaan obat, kesiapan rumah sakit, karena kondisi pandemi COVID-19 di global saat ini masih tidak pasti.

Baca Juga: Jokowi Minta Kepala Daerah Lakukan Kontrol Lapangan untuk Pembelajaran Tatap Muka

2. Setiap Daerah Fokus Kembangkan Produk Unggulan



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x