Kompas TV nasional peristiwa

Round-Up Sorotan Berita: Pernyataan Pandemi Jokowi, Pigai Dilaporkan, dan Bursa Calon Panglima TNI

Kompas.tv - 6 Oktober 2021, 04:46 WIB
round-up-sorotan-berita-pernyataan-pandemi-jokowi-pigai-dilaporkan-dan-bursa-calon-panglima-tni
Presiden Jokowi dalam upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Tentara Republik Indonesia di Istana Merdeka, Selasa (5/1/2021). (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV - Sejumlah berita menjadi sorotan sepanjang hari kemarin, Selasa (5/10/2021).

Berita diawali dari pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tentang pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia dalam upacara peringatan HUT ke-76 Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Kemudian dugaan kicauan bernada rasis mantan Komisioner Hak Asasi Manusia Natalius Pigai yang menyebut nama Presiden Joko Widodo dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, resmi dilaporkan ke pihak kepolisian.

Laporan itu dibuat oleh Ketua Umum BaraNusa Adi Kurniawan yang menyebut Natalius Pigai kelewat batas dan menduga melakukan tindakan pidana penghinaan, ujaran kebencian atau hate speech.

Terakhir terkait Panglima TNI yang baru. Penasihat Kantor Staf Presiden (KSP) Andi Widjayanto, Selasa (5/10) memberikan membeberkan empat poin pertimbangan untuk memilih Panglima TNI pengganti Marsekal Hadi Tjahjanto.

Berikut rangkuman berita yang menjadi sorotan Kompas TV, Selasa (5/10).

Presiden Jokowi ibaratkan penanganan pandemi Covid-19 seperti perang yang berlarut

Dalam pidato yang disampaikan pada peringatan HUT ke-76 TNI di Istana Kepresidenan, Presiden Joko Widodo mengibaratkan penanganan pandemi Covid-19 seperti perang yang berlarut-larut dan hingga kini masih berlangsung.

"Sampai dengan hari ini kita masih berada dalam bayang-bayang pandemi Covid-19. Bila diibaratkan sebagai perang, melawan virus Covid-19 saat ini seperti dalam perang yang berlarut-larut," jelas Jokowi.

Presiden melanjutkan, TNI berperan besar dalam keberhasilan Indonesia dalam perang melawan pandemi ini.

 "TNI yang selalu menunjukkan profesionalisme dalam setiap penugasan, kemampuan perorangan, kemampuan satuan, pemanfaatan iptek, termasuk alutsista telah digunakan dan dikerahkan dalam menunaikan setiap tugas yang diberikan," lanjut Jokowi.

Natalius Pigai buka suara terkait pelaporan dirinya ke Bareskrim Polri

Mantan Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (HAM) Natalius Pigai berharap polisi dapat bersikap profesional dan adil dalam menanggapi laporan terhadap dirinya.

Pigai dilaporkan oleh Ketua Umum BaraNusa Adi Kurniawan, Senin (4/10) ke Bareskrim Polri. Laporan itu terdaftar dengan Nomor STTL/388/X/2021/Bareskrim.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x