Kompas TV nasional agama

Wapres Ma'ruf Amin: Industri Halal Jadi Sektor Pemulih Ekonomi Usai Pandemi Covid-19

Kompas.tv - 1 Oktober 2021, 14:44 WIB
wapres-ma-ruf-amin-industri-halal-jadi-sektor-pemulih-ekonomi-usai-pandemi-covid-19
Wapres Maruf Amin saat menghadiri acara Penutupan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXVIII (20/11/2020) (Sumber: KIP SETWAPRES)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin mengatakan industri halal adalah sektor yang menjanjikan. Bahkan, Wapres menyebut industri halal ini menjadi elemen penting dalam upaya pemulihan ekonomi dunia usai pandemi covid-19.

"Saya menilai sektor industri halal, sektor kesehatan, sektor makanan dan minuman, serta sektor konstruksi dan pertanian akan menjadi penopang utama pemulihan ekonomi global ke depan," kata Wapres dalam sambutannya pada acara Konferensi Ekspor Nasional 2021, Kamis, seperti dikutip Antara.

Selain itu, Wapres juga menilai pemulihan ekonomi nasional juga harus terus diperkuat. Caranya, dengan penyediaan lapangan pekerjaan. Lapangan pekerjaan yang ada saat ini berada di sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Nah, potensi industri Halal ini menurut Wapres Ma'ruf bisa memasuki level itu dan mendorong para pelaku industri untuk bermain di pasar global.

"Pemulihan ekonomi harus disokong melalui penyediaan lapangan kerja. Lapangan kerja yang saat ini 97 persen ditopang oleh sektor UMKM, harus mampu dikembangkan menjadi sektor UMKM berorientasi ekspor," katanya.

Meski begitu, Ma'ruf juga memahami bahwa UMKM adalah salah satu sektor yang paling terdampak selama pandemi. Namun, UMKM juga paling berkontribusi tinggi untuk pemulihan ekonomi secara nasional.

Krisis karena Covid-19 ini, menurut Maruf, bisa jadi membuka lahan baru dan peluang baru bagi para UMKM untuk terus berinovasi.

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin Akui Industri Halal Indonesia Masih di Bawah Malaysia

"Akan tetapi, kita belajar bahwa krisis pasti membuka peluang baru dan memunculkan ide-ide bisnis yang kreatif dan inovatif," katanya.

Wapres lebih lanjut juga menjelaskan tentang prospek industri halal bagi generasi muda, khususnya Generasi Z dan Milenial. Ia mendorong, para UMKM dengan potensi industri halal untuk bisa masuk menjadi pelaku ekspor.

Untuk itulah, ia percaya para milenial dan Generasi Z bisa menjadi pioneer dalam industri halal ini untuk menciptakan, dalam bahasa Maruf, sumber-sumber pertumbuhan ekonomi baru untuk pemulihan ekonomi secara nasional.

"Dalam kondisi sekarang ini, Indonesia sangat membutuhkan sumber-sumber pertumbuhan ekonomi baru," katanya.

Baca Juga: Wapres Ma’ruf Amin Sebut Indonesia Sedang Persiapkan Pandemi Covid-19 Jadi Endemi

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x