Kompas TV nasional gaya hidup

1 Oktober Hari Kopi Sedunia, Kisah Unik Penemuan Kopi oleh Penggembala Kambing di Ethiopia

Kompas.tv - 1 Oktober 2021, 04:05 WIB
1-oktober-hari-kopi-sedunia-kisah-unik-penemuan-kopi-oleh-penggembala-kambing-di-ethiopia
Ilustrasi secangkir kopi. Hari Kopi Sedunia 1 Oktober.  (Sumber: Dok. Jovee)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV – Hari Kopi Sedunia atasu International Coffe Day kerap dirayakan setiap tanggal 1 Oktober.

Hari Kopi merupakan perayaan tahunan yang dilakukan dengan cara yang berbeda-berda di setiap negara. Hari ini diadakan untuk merayakan nikmatnya kopi dan meningkatkan kepedulian terhadap petani kopi.

Hari Kopi Sedunia pertama kali diperingati pada tahun 2015 oleh Organisasi Kopi Internasional di Milan.

Pada hari tersebut, biasanya sejumlah coffeshop akan memberikan promo atau diskon kepada pelanggannya untuk menikmati sajian kopi hasil racikan baristanya.

Jauh dari banyaknya jenis kopi dan metode penyeduhan modern, terdapat kisah unik penemuan kopi oleh penggembala kambing Ethiopia.

Baca Juga: Unik Konsep Jualan Kopi Keliling Ala Coffe Shop

Sejarah kopi

Ada banyak versi yang mengungkapkan penemuan biji yang banyak digemari kawula muda ini. Melansir Homegrounds, Jumat (1/10/2021), versi yang paling populer adalah kisah penggembala kambing asal Ethiopia (sebelumnya Abyssinia) bernama Kaldi.

Sekitar tahun 700 Masehi, Kaldi menemukan kambingnya bertingkah aneh seperti sedang menari-nari. Sebagai penggembala yang mengetahui perilaku kambing, Kaldi menilai tingkah kambingnya cukup aneh.

Kemudian, dia menemukan bahwa kambing-kambingnya memakan buah menyerupai beri berwarna merah. Kaldi menyimpulkan bahwa buah tersebut menyebabkan kambingnya berperilaku aneh.

Setelah menemukan buah ajaib tersebut, dia membagikan kisahnya kepada seorang biarawan. Tak disangka, biarawan tersebut menggunakan buah merah tersebut untuk membantunya terjaga sepanjang malam saat berdoa.



Sumber : Kompas TV/homegrounds.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x