Kompas TV nasional politik

Pesan Relawan untuk Jokowi: Jangan Gambling kepada Menteri Berkinerja Buruk, Segera Reshuffle

Kompas.tv - 7 September 2021, 18:14 WIB
pesan-relawan-untuk-jokowi-jangan-gambling-kepada-menteri-berkinerja-buruk-segera-reshuffle
Presiden Jokowi saat memberi arahan dalam pelantikan Purnapaskibraka menjadi Duta Pancasila di Istana Merdeka, Jakarta pada Rabu (18/8/2021). (Sumber: Youtube/Sekretariat Presiden)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapat dukungan untuk segera melakukan perombakan Kabinet Indonesia Maju bagi menteri-menteri yang berkinerja kurang maksimal.

Dukungan reshuffle kabinet itu disampaikan oleh Ketua Relawan Jokowi Mania Immanuel Ebenezer dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (7/9/2021).

“Jangan gambling (berjudi) kepada menteri yang berkinerja buruk. Jadi harapan kami, segera lah reshuffle kabinet,” ujar Immanuel.

Dalam keterangannya, Immanuel tidak menjelaskan lebih lanjut siapa-siapa saja menteri yang layak diganti dari kursi Kabinet Indonesia Maju.

Ia hanya memberi sindiran bahwa yang layak diganti adalah menteri yang menurutnya sering jalan-jalan ke luar negeri dan sibuk pasang baliho.

Baca Juga: Relawan Sebut Jokowi Akan Lakukan Reshuffle Kabinet pada Oktober

Seperti diketahui, Menteri Kabinet Indonesia Maju yang pernah bepergian ke luar negeri di tengah situasi pandemi Covid-19 adalah Menteri Investasi/ Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia dan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi.

Saat itu, bahkan Presiden Jokowi merespons dengan mengeluarkan larangan bepergian bagi menterinya kecuali untuk Menlu Retno Marsudi.

Sementara, menteri yang sibuk pasang baliho diduga kuat adalah Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto yang merangkap jabatan sebagai Ketua Umum Partai Golkar.

“Kita lihat para pembantunya, yang satu sibuk jalan-jalan keluar negeri, yang satu sibuk pasang baliho, yang jelas tidak ada yang berkaitan dengan kerja-kerja yang selama ini digaungkan Presiden berpihak kepada kepentingan rakyat,” ujarnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Targetkan Vakinasi Covid-19 setiap Provinsi Capai 70 Persen pada Akhir 2021

Dalam pendapatnya, Immanuel menuturkan seharusnya Kabinet Indonesia Maju diisi oleh sosok yang betul-betul mendukung Presiden Jokowi. Sehingga periode kedua ini Presiden Jokowi bisa memberikan kebijakan yang terbaik bagi rakyat Indonesia.

“Karena periodik kedua ini jangan sampai presiden meninggalkan legacy (warisan) yang buruk,” tegasnya.

Ketika ditanya kapan waktu yang tepat bagi Presiden Jokowi untuk melakukan perombakan kabinet, Immanuel mengaku mendapatkan informasi reshuffle akan terjadi dalam waktu dekat.

“(Reshuffle kabinet) Info yang kita dapat dalam waktu dekat sih, tapi paling lambat ya Oktober ini,” kata Ketua relawan Jokowi Mania (Joman) Imanuel Ebenezer kepada Kompas TV.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x