Kompas TV nasional peristiwa

Komnas HAM Sebut Telah Periksa Dinas Psikologi TNI AD soal Polemik TWK Pegawai KPK

Kompas.tv - 16 Juni 2021, 20:57 WIB
komnas-ham-sebut-telah-periksa-dinas-psikologi-tni-ad-soal-polemik-twk-pegawai-kpk
Pernyataan Komisioner Komnas HAM Choirul Anam (Sumber: KEMAS ABDUL MALIK / KOMPASTV)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengaku telah memeriksa Dinas Psikologi TNI Angkatan Darat (AD) pada Rabu (16/6/2021). 

Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam mengatakan permintaan keterangan tersebut telah dilakukan mulai pukul 10.00-15.30 WIB. 

Adapun pemeriksaan ini terkait aduan Novel Baswedan dkk, yang menduga ada pelanggaran HAM dalam pelaksanaan tes wawasan kebangsaan (TWK) pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Komnas HAM RI telah melakukan permintaan keterangan terhadap Dinas Psikologi TNI Angkatan Darat dan instansi terkait lainnya pada hari ini, Rabu, 16 Juni 2021 pukul 10.00-15.30 WIB," kata  Anam, dalam keterangannya, Rabu.

Dalam permintaan keterangan ini, Anam menyampaikan, pihaknya telah mendapatkan berbagai penjelasan terkait instrumen asesmen, pelaksanaannya, serta mekanisme penilaian.

Lebih lanjut, Anam juga memberikan apresiasi kepada Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Dinas Psikologi TNI Angkatan Darat, serta instansi terkait lainnya yang bersikap kooperatif dan mau bekerja sama dengan Komnas HAM. 

Baca Juga: Komnas HAM akan Libatkan 3 Ahli untuk Bantu Selesaikan Polemik TWK Pegawai KPK

"Di kesempatan ini, Komnas HAM RI berharap instansi terkait lainnya dapat turut kooperatif dan bekerja sama dengan baik demi semakin terangnya peristiwa," ujar Anam. 

Sebelumnya, pimpinan KPK akhirnya berkomitmen akan datang untuk menjalani pemeriksaan terkait dugaan pelanggaran HAM dalam tes wawasan kebangsaan (TWK) pada Kamis (17/6/2021).

Hal ini disampaikan oleh Anam setelah melakukan dialog dengan Kabiro Hukum KPK, Senin (14/6/2021). 

"Sore kemarin pimpinan KPK mengirimkan surat respons terhadap panggilan tersebut yang intinya sama dengan respons di surat pertama, dan sekaligus mengirimkan Biro Hukum KPK datang ke Komnas HAM untuk mengatur tata cara, apa saja, penjadwalan terkait pengambilan keterangan tersebut," jelas Anam dalam keterangan pers, Selasa (15/6/2021). 

"Sudah ada komitmen yang baik dari pimpinan KPK akan datang dalam proses pemeriksaan Komnas HAM pada Kamis besok," lanjut Anam. 

Baca Juga: Komnas HAM: Pimpinan KPK Berkomitmen Penuhi Panggilan soal TWK



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x