Kompas TV nasional peristiwa

6 Lembaga Bertemu Bahas 75 Pegawai KPK Tidak Lolos TWK, Berikut 3 Hasil Pertemuannya

Kompas.tv - 25 Mei 2021, 18:34 WIB
6-lembaga-bertemu-bahas-75-pegawai-kpk-tidak-lolos-twk-berikut-3-hasil-pertemuannya
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menyebut, 24 Pegawai KPK yang tidak lolos TWK akan jalani pembinaan lanjutan bela negara dan wawasan kebangsaan. Sementara, 51 orang dipecat. (Sumber: KompasTV/Akbar-Chandra)
Penulis : Ahmad Zuhad

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), 6 kementerian/lembaga telah melakukan pertemuan membahas tindak lanjut atas 75 pegawai KPK yang tidak lolos Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) pada Selasa (25/5/2021).

Rapat itu dipimpin langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo.  Ketua KPK Firli Bahuri beserta jajaran pimpinan KPK juga turut hadir dalam pertemuan itu.

Ada pula perwakilan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Lembaga Administrasi Negara (LAN), Badan Kepegawai Negara (BKN) dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Baca Juga: Pegawai KPK yang Lolos TWK Bikin Surat Terbuka Dukung Novel Baswedan, Minta SK Penonaktifan Dicabut

1. Pelantikan 1.271 Menjadi ASN

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata membeberkan pertemuan menyepakati, 1.271 orang akan dilantik menjadi ASN pada 1 Juni dari total 1.274 pegawai yang lolos TWK.

“Tetapi, 1 orang mengundurkan diri, 1 meninggal dunia, 1 latar belakang pendidikan tidak memenuhi syarat,” ujar Alexander Marwata dalam konferensi pers, Selasa.

2. Pembinaan Lanjutan 24 Pegawai 

Selain itu, pertemuan itu juga membahas soal nasib 75 pegawai KPK yang tidak lolos TWK dan berstatus tidak memenuhi syarat (TMS).

 “Tadi dijabarkan, dipetakan apakah dari 75 pegawai yang TMS itu masih ada yang berdasarkan kriteria asesor itu bisa dilakukan pembinaan lebih lanjut, sebelum yang bersangkutan dinyatakan memenuhi syarat untuk menjadi ASN,” jelas Alex.

Menurut Alex, tim asesor menyebut 24 orang masih bisa mengikuti pembinaan. Hal ini pun disepakati para peserta pertemuan.

“Kita sepakati bersama, dihasilkan bahwa ada 24 pegawai dari 75 tadi yang masih dimungkinkan untuk dilakukan pembinaan, sebelum diangkat menjadi ASN,” ujar Alex.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x