Kompas TV nasional peristiwa

Penyerang Mabes Polri Zakiah Aini Pernah Kuliah di Universitas Gunadarma Jurusan Akuntansi

Kompas.tv - 2 April 2021, 05:47 WIB
penyerang-mabes-polri-zakiah-aini-pernah-kuliah-di-universitas-gunadarma-jurusan-akuntansi
Terduga teroris di Mabes Polri pada Rabu, 31 Maret 2021 (Sumber: istimewa)
Penulis : Tito Dirhantoro

DEPOK, KOMPAS TV - Zakiah Aini, terduga teroris yang melakukan penyerangan ke Mabes Polri ternyata pernah berkukiah di Universitas Gunadarma, Depok, Jawa Barat.

Di universitas tersebut, Zakiah Aini mengambil pendidikan jurusan Akuntansi. Hal ini dibenarkan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Gunadarma, Irwan Bastian.

Baca Juga: MUI: Bom Bunuh Diri Makassar dan Penyerangan Mabes Polri Hukumnya Haram dan Bukan Syahid

"Memang benar pernah kuliah di Gunadarma, hanya saja keaktifan yang bersangkutan hanya sampai semester empat," kata Irwan kepada wartawan pada Kamis (1/4/2021).

"Jadi yang bersangkutan itu masuk tahun 2013. Kemudian semester lima dan seterusnya tidak aktif. Artinya, sesuai aturan yang berlaku di Gunadarma, yang bersangkutan tidak lagi menjadi mahasiswa Gunadarma."

Pihak kampus mengaku kurang mengetahui alasan Zakiah Aini tidak melanjutkan studinya di Universitas Gunadarma, sehingga secara sistem dianggap telah keluar/drop-out.

Zakiah belum dimungkinkan mengikuti organisasi kemahasiswaan di Universitas Gunadarma saat itu, karena usia studinya baru memasuki awal tahun kedua.

Baca Juga: Ini Jenis Senjata yang Dipakai Terduga Teroris ZA untuk Serang Mabes Polri

Padahal, di sisi lain, berdasarkan dari riwayat akademisnya Zakiah mendapatkan indeks prestasi kumulatif (IPK) yang cukup baik selama hampir 2 tahun studinya.

"Yang bersangkutan dari sisi akademis mempunyai prestasi akademis yang baik selama tiga semester. Kalau tidak salah (IPK Zakiah Aini) sekitar 3,2 atau 3,1," ucap Wakil Dekan 3 Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma, Budi Prijanto.

"Apakah yang bersangkutan berogranisasi di luar, kami tidak bisa jawab, terus terang. Kami punya keterbatasan pengawasan."

Sebelumnya, perempuan terduga teroris berusia 25 tahun bernama Zakiah Aini menyerang Mabes Polri seorang diri pada Rabu (31/3/2021) sore.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x