Kompas TV nasional peristiwa

Terancam Punah, Ini Penampakan Rusa Sambar yang Jadi Rusa Terbesar di Indonesia

Kompas.tv - 22 Februari 2021, 18:58 WIB
terancam-punah-ini-penampakan-rusa-sambar-yang-jadi-rusa-terbesar-di-indonesia
Penampakan rusa sambar, rusa terbesar di Indonesia yang terancam punah. (Sumber: Instagram/tngunungleuser)
Penulis : Ahmad Zuhad

ACEH, KOMPAS.TV -  Balai Taman Nasional Gunung Leuser, Aceh, Sumatera Utara menangkap penampakan terbaru rusa terbesar di Indonesia, rusa sambar.

Hewan berbulu hitam kecoklatan itu muncul dari semak belukar di Taman Nasional Gunung Leuser. Rusa sambar ini terlihat mencari rumput untuk makan.

Hal ini dapat diketahui dari unggahan Instagram akun resmi TN Gunung Leuser. Menurut pihak taman nasional, rusa ini memiliki nama lain Rusa unicolor dan termasuk dalam famili Cervidae.

Baca Juga: Cegah Kepunahan, Kenya Sukses Upayakan Dua Embrio Badak Putih Utara Yang Hampir Punah

Rusa sambar memiliki tanduk yang dapat memanjang hingga 110 sentimeter. Tinggi hewan ini dapat mencapai 102 hingga 160 sentimeter. 

Panjang tubuh rusa sambar dapat mencapai 162 hingga 246 sentimeter. Sementara, panjang ekornya adalah 25 sampai 30 sentimeter.

Rusa yang tertangkap kamera pemantau itu memiliki berat 546 kilogram. Meski begitu, umumnya hewan ini memiliki berat sekitar 225 hingga 320 kilogram.

Ukuran rusa sambar jantan biasanya lebih besar dari betina. Rusa sambar jantan juga memiliki surai tebal di lehernya dan tanduk dengan tiga hingga empat gigi. Tanduk rusa sambar akan lepas secara berkala dan berganti dengan tanduk baru.

Ciri khas hewan ini terletak dari tubuhnya yang besar dan berbulu kasar. Bulu hewan ini berwarna cokelat keabu-abuan atau kemerah-merahan, dengan warna gelap di bagian atasnya.

Baca Juga: Pulau Lantigiang, Pulau Kosong Tempat Bertelur Penyu yang Terancam Punah



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x