Kompas TV nasional peristiwa

Pemprov DKI Jakarta Kaji Penerapan Lockdown di Akhir Pekan

Kompas.tv - 2 Februari 2021, 22:33 WIB
pemprov-dki-jakarta-kaji-penerapan-lockdown-di-akhir-pekan
Ilustrasi lockdown akibat Covid-19 (Sumber: Pixabay)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mengkaji usulan untuk menerapkan “lockdown” di akhir pekan bagi wilayah zona merah dan oranye Covid-19.

Demikian Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyikapi usulan DPR RI yang mengacu penanganan Covid-19 di Turki. “Tentu DKI akan melakukan kajian dan analisa. Nanti, Pak Gubernur juga memimpin rapat-rapat internal, apakah usulan dari DPR dimungkinkan,” kata Ariza kepada wartawan di Balai Kota, Selasa (2/2/2021).

Baca Juga: Jokowi Nilai PPKM Tak Efektif, Para Ahli Kesehatan Masyarakat Usulkan Penerapan Lockdown

Ariza mengatakan secara prinsip Pemprov DKI Jakarta selalu dipertimbangkan dengan baik setiap usulan untuk menekan laju penularan virus corona. Karena itu, Ariza menyerahkan sepenuhnya usulan itu untuk dipertimbangkan secara matang sebagai usulan DPR ke pemerintah pusat.

“Silakan saja, itu kami serahkan kepada teman-teman DPR yang mungkin sudah sampaikan ke Kemenkes, BNPB, pemerintah pusat,” ujarnya.

Baca Juga: PPKM Tak Efektif, Ganjar Pranowo Usulkan Gerakan “Jateng di Rumah Saja”: Bukan untuk Takuti Warga

Berdasarkan fakta, Ariza menuturkan banyak warga Jakarta yang justru melakukan aktivitas di luar rumah saat libur akhir pekan. Mulai dari ke pusat perbelanjaan, rekreasi, berkunjung ke rumah saudara, hingga ke luar kota. Situasi ini, kata Ariza, memicu interaksi dan kerumunan sehingga berpotensi terjadi penularan virus corona.

“Untuk itu kami selalu minta di masa-masa libur Sabtu-Minggu, kami minta juga tetap berada di rumah,” tutur Ariza.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x