Kompas TV nasional update corona

6 Gejala Corona Terbaru Selain Batuk dan Demam, Bisa Halusinasi Cium Bau Menyengat

Kompas.tv - 30 Desember 2020, 20:03 WIB
6-gejala-corona-terbaru-selain-batuk-dan-demam-bisa-halusinasi-cium-bau-menyengat
Ilustrasi: virus corona. 6 Gejala Corona Terbaru Selain Batuk dan Demam, Bisa Halusinasi Cium Bau Menyengat. (Sumber: kompas.com)
Penulis : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gejala terinfeksi virus corona (Covid-19) kini bukan lagi hanya batuk dan demam.

Gejala terbaru yang ditemukan adalah pasien mengalami halusinasi mencium bau ikan yang menyengat, belerang, dan bau manis yang tidak enak.

Melansir Sky News pada Minggu (27/12/2020), gejala tersebut disebut dengan parosmia atau distorsi penciuman.

Baca Juga: 7 Gejala Ini Timbul Saat Terpapar Varian Baru Virus Corona

Seorang ahli bedah telinga dan tenggorokan (THT), Profesor Nirmal Kumar, mengatakan hal ini adalah gejala yang sangat aneh dan unik.

Kumar sendiri merupakan presiden dari THT Inggris yang juga petugas medis yang mengidentifikasi anosmia pada penderita Covid-19. 

Dia adalah salah satu pihak yang medesak kesehatan masyarakat Inggris untuk menambahkan anosmia ke dalam daftar gejala Covid-19, beberapa bulan sebelum menjadi panduan resmi.

Terkait dengan gejala baru, ia mencatat di antara ribuan pasien yang dirawat karena anosmia jangka panjang di Inggris beberapa mengalami parosmia. 

Parosmia merupakan satu di antara gejala seseorang terjangkit Covid-19 selain batuk dan demam. 

Berikut sejumlah gejala virus corona yang telah diketahui sebagaimana dikutip dari Kompas.com:

Baca Juga: Alami Gejala Batuk, Ini Kronologis Aa Gym Positif Covid-19

1. Kehilangan kemampuan indera penciuman 

Seseorang yang kehilangan indra penciuman atau anosmia adalah salah satu gejala yang kentara sebagai indikasi seseorang terkena Covid-19.

Dilansir Kompas.com, Jumat (2/10/2020), bukti hilangnya indra penciuman dan perasa sebagai tanda Covid-19, pertama kali dilaporkan pada Bulan April 2020.

Kemudian, kondisi tersebut ditambahkan ke dalam daftar gejala resmi pada pertengahan Mei. Salah satu penelitian mengenai ketidakmampuan mencium bau ini dilakukan oleh Profesor Batterham, dari responden yang direkrut periode 23 April hingga 14 Mei 2020. 

Dari orang-orang yang positif Covid-19 tersebut, mereka melaporkan empat minggu sebelumnya tak bisa mencium bau dan mengecap rasa. 

Baca Juga: Positif Covid-19, Syekh Ali Jaber Masuk ICU dan Minta Doa

2. Kelelahan 

Salah satu gejala pada pasien Covid-19 adalah mengalami kelelahan yang ekstrem. Seseorang yang mengalami kelelahan ekstrem mungkin menjadi tanda awal terkena virus corona. 

Melansir Kompas.com, 17 April 2020, WHO menyebut hampir 40 persen dari 6.000 orang positif mengalami kelelahan. Rasa lelah disebut akan berlangsung lama, bahkan saat virus telah hilang.

Laporan menyebut sejumlah penelitian menyebutkan orang-orang yang telah pulih mengaku masih merasa kelelahan dan kekurangan energi setelah masa pemulihan beberapa minggu. 

Baca Juga: Menkes: Virus Corona Varian Baru Lebih Cepat Menular tapi Tak Terbukti Lebih Parah



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x