Kompas TV nasional update corona

Alami Gejala Batuk, Ini Kronologis Aa Gym Positif Covid-19

Kompas.tv - 29 Desember 2020, 08:26 WIB
alami-gejala-batuk-ini-kronologis-aa-gym-positif-covid-19
Pendiri Ponpes Daarut Tauhiid Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) mengkonfirmasi dirinya positif Covid-19. (Sumber: Screenshot video)
Penulis : Tussie Ayu

JAKARTA, KOMPAS.TV – Dai kondang KH Abdullah Gymnastiar, atau akrab disapa Aa Gym, mengkonfirmasi dirinya positif Covid-19 dalam akun youtube Aa Gym Official. Dalam akun youtube ini, Aa Gym menceritakan kronologis hingga dirinya terkonfirmasi positif Covid-19.

Menurutnya, pada hari Rabu minggu lalu, Aa Gym melakukan perjalanan dari Jakarta ke Bandung selama lima jam. Saat itu ia masih dalam kondisi sehat. Kemudian pada hari Kamis pun masih sehat dan sempat melakukan olahraga berenang. Pada hari Jumat, ia masih melanjutkan aktivitas olahraga, namun kali ini ia memilih berolahraga sepeda di kawasan Masjid Salman, Bandung, yang relatif sepi.

Baca Juga: Dai Kondang Aa Gym Positif Corona

“Lalu hari Sabtu menjelang kembali ke Jakarta merasa unfit, ingin diinfus. Kemudian diinfus vitamin dan dirapid. Hari Sabtu itu hasilnya non reaktif,” ujar Aa Gym.

Pada saat itu, dokter menduga Aa Gym kelelahan dan menganjurkannya untuk istirahat. Kemudian ia memutuskan untuk isolasi mandiri atas inisiatif sendiri.

“Saya isolasi mandiri di suatu tempat yang jauh dari orang-orang. Mulai malam Minggu isolasi sendiri, tidak mau kontak (dengan orang lain),” tambahnya.

Kemudian ia melanjutkan, telah melakukan tes swab Covid-19 bersama anaknya dan tadi malam telah mendapatkan hasilnya.

“Anak negatif, Aa positif, alhamdulillah alla kulli hal, semua ini qadarullah. Sudah berusaha sedisiplin mungkin dan mengajak orang lain disiplin. Tapi mungkin dalam pandangan Allah masih ada banyak hal yang perlu diperbaiki,” ujarnya.

Baca Juga: Positif Covid-19, Aa Gym: Tingkatkan Protokol Kesehatan dan Protokol Doa

Namun demikian, hingga kini Aa Gym mengaku tidak mengalami gejala Covid-19 yang berat. Ia hanya mengalami batuk dan sedikit pusing karena kurang tidur. Ia juga sempat menunjukkan oximeter yang menunjukkan angka 98, yang berarti kadar oksigen dalam darahnya masih cukup baik. Kemudian ia menyebutkan, suhu tubuhnya menunjukkan angka 36.3 derajat Celsius, yang berarti ia tidak mengalami demam.

Aa Gym mengimbau kepada orang-orang yang pernah mengalami kontak dengannya selama beberapa hari terakhir, untuk juga melakukan swab test. Tak lupa, ia juga meminta doa agar bisa segera sehat dan terbebas dari Covid-19.

“Kepada teman-teman, Aa mohon doanya, karena doa bisa menjadi jalan diubahnya satu takdir ke takdir lain, oleh Allah yang menguasai takdir,” ujarnya.

Semoga lekas sehat, Aa Gym!

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x