Kompas TV nasional pilkada serentak

Viral! Saat Foto Suga BTS Hiasi Surat Suara Pilkada Kabupaten Kediri

Kompas.tv - 10 Desember 2020, 13:45 WIB
viral-saat-foto-suga-bts-hiasi-surat-suara-pilkada-kabupaten-kediri
Pemilih memasang foto idola K-Pop Suga BTS di surat suara Pilkada Kabupaten Kediri. (Sumber: Humas Bawaslu RI)
Penulis : Dian Septina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menemukan hal unik di Pilkada 2020, salah satunya ada foto artis Korea, Suga BTS yang ditempelkan dalam surat suara pasangan calon tunggal.

Foto Suga BTS tersebut ditemukan di pemungutan suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri di Pilkada 2020. 

Aksi itu ditemukan Bawaslu di Kabupaten Kediri yang hanya memiliki satu pasangan calon. Adapun Hanindhito Himawan Pramana dan pasangannya Dewi Mariya Ulfa yang maju di sana.

Surat suara Pilkada Kediri hanya terdiri dari dua kolom yakni sisi kiri berisi foto pasangan Hanindhito Himawan Pramana-Dewi Mariya Ulfa.

Sementara kolom kanan berisi kotak kosong. Kolom kanan bisa dicoblos jika pemilih enggan memberikan suara untuk paslon tunggal.

Baca Juga: Lawan Kotak Kosong, Hanindhito Anak Pramono Anung Unggul di Pilkada Kediri

"Ini Kejadian unik yang penting juga dipublikasikan, ada foto-foto artis korea di kolom kotak kosong pada surat suara paslon tunggal. Tapi saya enggak kenal itu siapa," kata Anggota Bawaslu, Mochammad Afifuddin soal penemuan Suga BTS dalam siaran telekonference melalui channel Youtube Bawaslu, Rabu (9/12/2020).

Selain itu, Bawaslu juga menemukan aksi serupa di TPS lain Kabupaten Kediri berupa pas foto orang tak dikenal dengan menggunakan kaca mata hitam di surat suara.

Bawaslu menilai kejadian itu sebagai dinamika dalam pemilihan. Namun mereka memastikan surat suara yang dicoret-coret atau ditempel foto tidak sah. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x