Kompas TV nasional peristiwa

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto Mendadak Sambangi Markas Kopassus, Ada Apa?

Kompas.tv - 19 November 2020, 15:24 WIB
panglima-tni-marsekal-hadi-tjahjanto-mendadak-sambangi-markas-kopassus-ada-apa
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengeluarkan pernyataan mengenai pentingnya persatuan dan kesatuan. (Sumber: Puspen TNI)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto secara mendadak menyambangi Markas Kopassus di Cijantung, Jakarta Timur pada Kamis (19/11/2020).

Panglima TNI tiba sekitar pukul 9 pagi. Ia didampingi sejumlah pejabat di Mabes TNI. Kedatangan Hadi kemudian disambut oleh Danjen Kopassus Mayjen Mohamad Hasan.

Dalam kesempatan itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengecek kesiapan para pasukan khusus TNI AD tersebut.

Baca Juga: Tegas! Panglima TNI Siap Hadapi Pihak yang Ganggu Persatuan dan Kesatuan NKRI

"Kalian adalah prajurit terlatih. Hanya dalam 6 menit, sudah bisa berkumpul dengan perlengkapan standar," kata Panglima TNI setelah mengecek kesiapan pasukan Kopassus.

Hadi mengatakan, Kopassus merupakan prajurit kebanggaan Indonesia. Karena itu, dia menginginkan seluruh anggota Kopassus TNI Angkatan Darat itu bisa tetap mempertahankan profesionalitasnya.

"Kalian ksatria bangsa yang siap ditugaskan menjaga negara dan bangsa ini dari ancaman dan gangguan musuh yang ingin mencabik-cabik kesatuan dan persatuan bangsa," kata Marsekal Hadi Tjahjanto pada Kamis (19/11/2020).

Baca Juga: Panglima TNI Ingatkan Pentingnya Persatuan Bangsa, Untuk Menjaga Stabilitas Nasional!

"Karena itu, saya perintahkan kalian untuk berlatih, meningkatkan performa tempur prajurit profesional. Kesenyapan adalah profesionalitasmu."

Sementara itu, Kepala Pusat Penerangan TNI, Mayjen Achmad Riad, mengatakan inspeksi dadakan yang dilakukan oleh Panglima TNI pada hari ini, Kamis (19/11/2020) dalam rangka merespons kondisi masyarakat yang tengah gaduh karena perilaku oknum.

"Ini merupakan satu hal yang memang sebenarnya mendadak sekali. Kita sendiri
juga terkaget," ujar Mayjen TNI Achmad Riad.

Baca Juga: Presiden Jokowi Perintah Kapolri, Panglima TNI & Satgas Covid-19 Tindak Tegas Pelanggar Prokes

Mayjen Achmad Riad menambahkan pihaknya sudah mengindikasikan ada sekelompok masyarakat yang bermain identitas, dan berpotensi menimbulkan perpecahan.

Karena itu, kata Achmad, kedatangan Panglima TNI ke Markas Kopassus kali ini untuk mengukur kesiapan pasukan Kopassus TNI AD.

"Panglima TNI memang bermaksud untuk meyakinkan bahwa satuan-satuan yang berada di bawah kendalinya khususnya para satuan khusus ingin ditinjau sampai sejauh mana kesiapsiagaannya," ucap Achmad.

Baca Juga: Sidak Markas Kopassus, Panglima TNI: Pasukan Harus Siap Lawan Musuh



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x