Kompas TV nasional peristiwa

Benarkah Kemenangan Joe Biden Berdampak Positif bagi Indonesia? Ini Kata Pengamat

Kompas.tv - 8 November 2020, 17:20 WIB
benarkah-kemenangan-joe-biden-berdampak-positif-bagi-indonesia-ini-kata-pengamat
Kandidat presiden dari Partai Demokrat Joe Biden menjadi Presiden AS terpilih ke-46. (Sumber: AP Photo / Paul Sancya)
Penulis : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Joe Biden dipastikan terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat (AS) menggantikan Donald Trump setelah memenangi 290 suara elektoral.

Kemenangan Joe Biden ini dinilai akan membawa dampak positif bagi kerja sama ekonomi antara AS-Indonesia. Benarkah demikian?

Baca Juga: Guru Besar Ilmu Budaya Pengkajian Amerika UGM Bicara Kemenangan Joe Biden

Praktisi dan Pengajar Hubungan Internasional Dinna Prapto Raharja mengakui bahwa kemenangan Joe Biden memang bisa membawa dampak positif bagi Indonesia.

Namun begitu, hal tersebut harus didukung dengan kesiapan diplomasi yang dibangun Indonesia dengan AS di bawah kepemimpinan Biden.

"Kemenangan Biden bisa memberi dampak positif bagi kerja sama ekonomi ke depan bila Indonesia secara gesit dan jelas menyampaikan apa keuntungan dan peluang-peluang baiknya menjaga kemitraan strategis dengan Indonesia," kata Dinna dikutip dari Kompas.com, Minggu (8/11/2020).

"Maklum, kita bukan negara sekutu AS dan kita saksikan betapa para sekutu AS sangat antusias mendekati Biden segera sesudah ada pengumuman tersebut," sambung lulusan Ohio State University, AS, ini.

Menurut Dinna, Biden cenderung akan melakukan pendekatan multilateral dan kembali ke relasi tradisional dengan sekutu-sekutunya dalam menjalin kerja sama internasional.

Hal itu dapat mengakibatkan Indonesia terjepit negosiasi yang tak jelas jika tidak memanfaatkan momentum sebelum pelantikan Biden pada 20 Januari 2021.

Ia pun mengatakan, AS di bawah kepemimpinan Biden diprediksi masih akan tetap memastikan pemulihan ekonominya, termasuk dengan cara-cara proteksionis.

Baca Juga: Unggah Foto Berdua, Jokowi Ucapkan Selamat kepada Joe Biden dan Kamala Harris

Jokowi) menyampaikan ucapan selamat kepada Joe Biden dan pasangannya, Kamala Harris, yang berhasil memenangi Pemilihan Presiden Amerika Serikat. (Sumber: Twitter @jokowi)

Menurut dia, sejauh ini yang diuntungkan oleh perekonomian negeri Paman Sam adalah negara-negara sekutu atau yang mendekat ke AS seperti India, Singapura, dan Vietnam.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x