Kompas TV lifestyle kesehatan

6 Minuman Bagi Penderita Diabetes dan Prediabetes, Bisa Turunkan Kadar Gula Darah

Kompas.tv - 17 April 2024, 13:18 WIB
6-minuman-bagi-penderita-diabetes-dan-prediabetes-bisa-turunkan-kadar-gula-darah
Ilustrasi kopi hitam (Sumber: Unsplash)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menjaga pola makan usai lebaran kini menjadi sangat penting. Pasalnya kita tak mau lagi ada penyakit-penyakut seperti kolesterol, gula darah yang telah turun usai dilatih dengan puasa, tetiba muncul lagi.

Bagi penderita diabetes dan prediabetes, minum apa agar gula darah turun? Ternyata selain menghindari minuman yang manis, penderita gula darah tinggi dapat minum teh, kopi, dan susu nabati.

Beberapa jenis minuman ternyata dapat dikonsumsi oleh penderita gula darah tinggi dan dapat menurunkan kadar gula darah.

Disarikan dari Healthline dan Eat This, berikut adalah beberapa minuman penurun gula darah yang perlu diketahui.

Baca Juga: 4 Minuman yang Ampuh Turunkan Kadar Kolesterol

Air putih

Minum air putih tidak hanya dapat mencukupi kebutuhan cairan tubuh, tetapi juga akan menurunkan kadar gula darah. Pasalnya, air putih dapat membantu ginjal untuk mengeluarkan kelebihan gula di dalam darah melalui urine sehingga kadar gula darah akan menurun.

Teh

Teh tanpa tambahan gula memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk mendukung kesehatan secara umum. Selain itu, beberapa jenis teh, seperti teh chamomile dan teh hitam, sudah terbukti dapat meningkatkan kontrol glikemik jika dikonsumsi tiga kali sehari selama delapan minggu.

Kopi hitam



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x