Kompas TV lifestyle kesehatan

9 Makanan untuk Darah Rendah, Bisa Tingkatkan Tekanan Darah

Kompas.tv - 10 April 2024, 06:00 WIB
9-makanan-untuk-darah-rendah-bisa-tingkatkan-tekanan-darah
Ilustrasi tekanan darah rendah atau hipotensi (Sumber: Mockup Graphics on Unsplash)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Tekanan darah rendah atau hipotensi merupakan kondisi ketika tekanan darah di dalam arteri di bawah 90/60 mmHg. Umumnya, penderita tekanan darah rendah merasakan beberapa gejala, seperti jantung berdebar kencang, pusing, lemas, mual, dehidrasi, pandangan buram, panas dingin, napas pendek, kehilangan keseimbangan, bahkan pingsan. 

Ada banyak faktor yang bisa jadi penyebab tekanan darah rendah. Mulai dari perubahan posisi secara tiba-tiba, anemia, gangguan saraf, dehidrasi, pola makan, hingga konsumsi obat-obatan tertentu.

Dikutip dari laman Healthline, tekanan darah rendah disebabkan oleh kekurangan vitamin seperti folat dan B12. Untuk itu, penderita perlu mengonsumsi makanan untuk darah rendah yang kaya akan kedua vitamin tersebut.

Baca Juga: Semangka Ternyata Bermanfaat untuk Menurunkan Tekanan Darah, Simak Penjelasannya!

Berikut di antara makanan untuk meningkatkan tekanan darah.

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang merah, kacang polong, dan kacang hijau dapat membantu meningkatkan tekanan darah. Kacang-kacangan mengandung asam folat yang dapat merangsang produksi sel darah merah.

2. Kismis

Makanan untuk meningkatkan tekanan darah selanjutnya adalah kismis. Konsumsi kismis dapat meningkatkan fungsi kelenjar adrenal, sehingga dapat menjaga level tekanan darah dalam batas normal.

Rendam 30 hingga 40 kismis dalam secangkir air, diamkan semalaman. Anda bisa mengonsumsinya di pagi hari saat perut masih kosong.

3. Wortel

Wortel merupakan sayuran yang kaya akan vitamin A, sehingga dikenal baik untuk kesehatan mata. Namun rupanya wortel juga bermanfaat untuk meningkatkan tekanan darah.

Kandungan vitamin A dalam wortel bisa meningkatkan sirkulasi darah dan mengatur tekanan darah hingga stabil.

4. Lemon

Kandungan antioksidan dalam lemon berguna untuk mengatur sirkulasi darah dan menjaga tekanan darah agar tetap normal. Jika Anda mulai merasa lelah, Anda bisa mengonsumsi segelas air perasan lemon (atau juga dikenal dengan infused water) untuk meningkatkan tekanan darah.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x