Kompas TV lifestyle kesehatan

Semangka Ternyata Bermanfaat untuk Menurunkan Tekanan Darah, Simak Penjelasannya!

Kompas.tv - 2 Desember 2023, 08:51 WIB
semangka-ternyata-bermanfaat-untuk-menurunkan-tekanan-darah-simak-penjelasannya
Semangka (Sumber: Sahand Babali on Unsplash)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Semangka, buah yang kaya akan air, vitamin, mineral, dan serat, ternyata memiliki lebih banyak manfaat daripada sekadar menyegarkan. Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa semangka dapat memainkan peran penting dalam menurunkan tekanan darah.

Penelitian yang dimuat dalam Journal of Herbal Medicine pada tahun 2023 menyoroti peran semangka dalam menurunkan tekanan darah.

Baca Juga: Saran RSA UGM, Masyarakat Diimbau Gunakan Masker untuk Cegah Pneumonia Misterius

Studi ini menyatakan bahwa asupan semangka secara teratur dapat membantu mengurangi tekanan darah.

Penelitian serupa di tahun 2022 juga menegaskan hal yang sama, dengan menyatakan bahwa antioksidan, vitamin, dan mineral dalam semangka memainkan peran penting dalam menurunkan tekanan darah.

Dilaporkan Kompas.com, sebuah eksperimen dilakukan pada 25 orang dengan tekanan darah tinggi diberikan terapi jus semangka di Puskesmas Kulisusu, Kota Kendari untuk mengetahui manfaat semangka. Para pasien diberi terapi jus semangka setiap hari selama tujuh hari.

Baca Juga: Mengenali Couvade Syndrome, Gejala Kehamilan yang Dialami Calon Ayah

Dari hasil penelitian tersebut, terlihat penurunan rata-rata tekanan darah dari 153,8 mmHg menjadi 132,5 mmHg untuk sistole, dan dari 100,7 mmHg menjadi 90,2 mmHg untuk diastole.

Yufriza Umrah, salah satu peneliti dalam studi ini, menjelaskan bahwa penurunan tekanan darah ini dipengaruhi oleh berbagai komponen nutrisi dalam semangka.

Kalium, misalnya, membantu mengoptimalkan ekskresi natrium, yang pada gilirannya berpengaruh terhadap kelonggaran pembuluh darah, sehingga tekanan darah dapat menurun.

Baca Juga: Jangan Anggap Enteng, Ini 5 Ciri-Ciri Kecanduan Media Sosial

Selain itu, asam amino seperti L-citrulline dalam semangka dapat menghasilkan nitrat oksida, yang berfungsi untuk merelaksasi pembuluh darah.

Likopen, yang juga terkandung dalam semangka, berperan sebagai antioksidan yang mendukung kesehatan sistem peredaran darah.

Semangka bukan hanya menyediakan hidrasi yang menyegarkan, tapi juga menawarkan manfaat kesehatan yang penting, khususnya bagi mereka yang berjuang dengan tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Apa Itu Kanker Paru-paru, Penyebab dan Gejalanya? Sempat Diidap Kiki Fatmala Sebelum Meninggal Dunia



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x