Kompas TV lifestyle kesehatan

Cara Melakukan Diet Golongan Darah O, A, B, dan AB

Kompas.tv - 9 April 2024, 03:00 WIB
cara-melakukan-diet-golongan-darah-o-a-b-dan-ab
Ilustrasi golongan darah. (Sumber: Pixabay.com)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Diet golongan darah menjadi salah satu metode diet yang cukup populer. Metode ini dipopulerkan oleh seorang dokter naturopati dan penulis buku "Eat Right 4 Your Type" dari  Peter D'Adamo.

Ia mengklaim bahwa mengikuti pola makan dan olahraga tertentu berdasarkan golongan darah dapat mengoptimalkan kesehatan. Selain itu, cara diet ini juga dapat mengurangi kemungkinan seseorang terkena kondisi kesehatan tertentu.

Peter D'Adamo mengklaim bahwa makanan yang kita konsumsi akan bereaksi secara kimia dengan tipe golongan darah. Apabila kita mengikuti diet berdasarkan golongan darah, makanan yang dikonsumsi akan dicerna tubuh secara lebih efisien.

Baca Juga: Catat! Inilah Rekomendasi Makanan Sehat Berdasarkan Golongan Darah

Dikutip dari laman Cleveland Clinic, metode diet berdasarkan golongan darah ini diyakini baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan berat badan ideal. Tidak seperti diet lainnya, diet satu ini menyesuaikan menu makanan dengan tipe golongan darah yang dimiliki baik A, B, O, atau AB. Berikut cara melakukan diet golongan darah.

Cara Diet Golongan Darah O

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Dr. D'Adamo, tipe golongan darah O merupakan yang tertua sekitar tahun 40 ribu SM pada masa Cro-Magnon. Periode ini merupakan periode peramu dan pemburu. 

Hasilnya, orang-orang dengan tipe golongan darah O disarankan untuk melakukan diet dengan mengkonsumsi makanan rendah karbohidrat dan tinggi protein. Diet tinggi protein cenderung mengkonsumsi daging tanpa lemak, unggas, ikan, sayuran. 

Dr. D'Adamo juga merekomendasikan untuk mengkonsumsi sejumlah suplemen yang membantu mengatasi masalah perut dan masalah lain yang sering dialami orang dengan tipe golongan darah O.

Cara Diet Golongan Darah A



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x