Kompas TV lifestyle kesehatan

Catat! Inilah Rekomendasi Makanan Sehat Berdasarkan Golongan Darah

Kompas.tv - 15 Februari 2024, 06:00 WIB
catat-inilah-rekomendasi-makanan-sehat-berdasarkan-golongan-darah
Rekomendasi makanan sehat berdasarkan golongan darah (Sumber: Jcomp on Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Banyak yang meyakini bahwa golongan darah dapat memengaruhi kepribadian seseorang, sehingga tidak mengherankan, jika banyak orang mengaitkan sikap individu dengan tipe golongan darahnya.

Namun, perlu dicatat bahwa sampai saat ini, belum ada bukti ilmiah yang kuat yang mendukung klaim tersebut.

Sebaliknya, beberapa penelitian telah menunjukkan adanya korelasi antara golongan darah dan risiko penyakit tertentu, seperti penyakit jantung, kanker, dan kondisi medis lain yang terkait dengan respons stres dan sistem kekebalan tubuh.

Hal ini dibuktikan dalam buku karya Peter D'Adamo berjudul "Eat Right for Your Type", di mana ia mengemukakan pandangan bahwa jenis darah yang berbeda, dapat memberikan reaksi yang berbeda terhadap jenis makanan yang dikonsumsi, serta menganggap darah sebagai faktor mendasar dalam pola makan tubuh.

Meski demikian, perlu ditekankan bahwa pandangan ini masih kontroversial, dan interpretasi ilmiah serta konsensus medis terkait belum sepenuhnya diterima secara luas.

Berikut ini adalah rekomendasi makanan sehat berdasarkan golongan darah.

1. Golongan Darah O

Golongan darah O dikaitkan dengan kadar asam lambung yang tinggi dan kemampuan pencernaan protein dan lemak yang efisien. 

Karakteristik ini meningkatkan kapasitas tipe O dalam memetabolisme kolesterol dari produk hewani dan meningkatkan penyerapan kalsium.

Individu dengan golongan darah O disarankan untuk membatasi konsumsi produk susu, karena cenderung sulit dicerna oleh tubuh.

Selain itu, mereka yang memiliki golongan darah O juga rentan terhadap alergi gluten, sehingga disarankan untuk menghindari konsumsi kubis, kembang kol, dan gandum, yang dapat berdampak negatif pada hormon tiroid dan insulin serta menghambat sistem metabolisme tubuh.

Baca Juga: Pemilik Golongan Darah A Perlu Waspadai 4 Buah Ini, Ahli dari AS Bongkar Alasannya

Pola makan sehat yang disarankan untuk golongan darah O mencakup konsumsi buah-buahan berbasis alkali, seperti alpukat, apel, kurma, bawang putih, wortel, dan seledri.

Sumber protein yang direkomendasikan meliputi daging sapi, domba, kalkun, ayam, telur, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Seafood juga dianggap baik karena dapat meningkatkan produksi hormon dan mendukung metabolisme tubuh.

Dengan memperhatikan pola makan yang sesuai dengan karakteristik golongan darah O, diharapkan dapat mendukung kesehatan dan keseimbangan hormonal dalam tubuh.

2. Golongan Darah A

Individu dengan golongan darah A cenderung memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih sensitif, dan tingkat tekanan yang tinggi dapat lebih cepat melemahkan sistem kekebalan tubuh.



Sumber : Sonora.id, Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x