Kompas TV nasional kesehatan

Pemilik Golongan Darah A Perlu Waspadai 4 Buah Ini, Ahli dari AS Bongkar Alasannya

Kompas.tv - 13 Mei 2022, 17:46 WIB
pemilik-golongan-darah-a-perlu-waspadai-4-buah-ini-ahli-dari-as-bongkar-alasannya
Foto ilustrasi buah pisang yang kaya akan serat dan menyehatkan. (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV- Meski punya manfaat besar pada dunia kesehatan, namun siapa kira buah harus dihindari terutama bagi mereka yang memiliki golongan darah A. Ya, pemilik golongan darah A diketahui harus mengindari sejumlah buah-buahan.

Dilansir dari Grid.id, ahli naturopatis asal Amerika Serikat (AS), Dr. Peter J. D’Adamo, mengingatkan bahwa sebaiknya pemilik golongan darah A berhati-hati dalam mengonsumsi buah pisang, pepaya, mangga, dan jeruk, khususnya jeruk orange serta jeruk keprok (jeruk pontianak, jeruk medan, jeruk garut). Pasalnya, empat buah tersebut memiliki kandungan lektin yang cukup tinggi.

Lektin merupakan sejenis protein yang akan bereaksi dengan darah dalam tubuh. Zat ini dapat menyebabkan gangguan kesehatan, terutama pada saluran pencernaan, bagi pemilik golongan darah A. Selain itu, protein tersebut diketahui tidak dapat dicerna oleh tubuh.

"Buah jeruk keprok bisa saja menyebabkan iritasi lambung dan menghambat penyerapan beberapa mineral penting pada pemilik golongan darah A," kata Peter dalam buku 'Resep Hidangan Sehat Alami Selera Indonesia: Diet Sehat Golongan Darah A' (2015) oleh Wied Harry Apriadji.

Baca Juga: 7 Rahasia Kondisi Kesehatan yang Terungkap dari Golongan Darah

Jika dibandingkan dengan pemilik golongan darah jenis lain, para pemilik golongan darah A memiliki tubuh yang cenderung lebih sensitif terhadap kandungan lektin dalam makanan. Sebab, lambung dari pemilik golongan darah A lebih sedikit memproduksi asam lambung, sehingga kemampuannya dalam mencerna makanan berat sangat terbatas.

Namun, bagi orang Asia yang sudah terbiasa mengonsumsi buah-buahan tropis, boleh jadi pandangan tersebut tidak menimbulkan masalah.

Para pemilik golongan darah A lebih baik mulai membatasi konsumsi buah-buahan itu, apabila mengalami gangguan kesehatan setelah mengonsumsi empat buah tersebut.

Selain empat buah tadi, Peter juga menyarankan agar para pemilik golongan darah A mewaspadai buah-buahan yang berkadar air telatif rendah seperti durian, nangka dan cempedak.

Buah-buahan tersebut umumnya kaya lektin yang berpotensi mengganggu sistem pencernaan pemilik golongan darah A.

 



Sumber : Grid.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x