Kompas TV lifestyle kesehatan

9 Tanda Tubuh Bisa Muncul Lantaran Terlalu Banyak Konsumsi Garam

Kompas.tv - 2 April 2024, 23:00 WIB
9-tanda-tubuh-bisa-muncul-lantaran-terlalu-banyak-konsumsi-garam
Ilustrasi. Kementerian Kesehatan mengingatkan, konsumsi gula, garam, dan lemak berlebihan merupakan perilaku masyarakat yang mendekatkan pada risiko penyakit tidak menular (PTM). Seperti tekanan darah tinggi, diabetes, dan jantung. (Sumber: aspartame.org)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Garam umum digunakan sebagai penambah cita rasa pada masakan. Tidak sekedar menambah rasa, garam mengandung natrium dan sodium yang bermanfaat bagi tubuh.

Mineral yang terkandung dalam garam bermanfaat untuk membantu mengatur cairan tubuh, mempertahankan transmisi saraf, dan kontraksi otot. Kementerian Kesehatan (Kemkes) Republik Indonesia menganjurkan konsumsi natrium tidak lebih dari 2.000 mg atau setara satu sendok teh garam per hari. 

Meski diperlukan oleh tubuh, kebanyakan garam juga dapat berbahaya bagi kesehatan seseorang. Dikutip dari laman WebMD, terlalu banyak mengonsumsi garam dari takaran yang dianjurkan dapat meningkatkan resiko tekanan darah tinggi, risiko stroke, dan penyakit jantung. 

Baca Juga: Simak, 6 Cara Efektif Agar Terhindar Dehidrasi saat Berpuasa: Hindari Garam Hingga Kafein

Dikutip dari laman Medical News Today, saat terlalu banyak mengkonsumsi garam, tubuh akan memberikan tanda-tanda khusus. Sayangnya, sebagian orang tidak paham bahwa tubuhnya terlalu banyak mengkonsumsi garam.

Tanda Tubuh Banyak Konsumsi Garam Harus Diwaspadai

1. Sering haus

Rasa haus menjadi tanda tubuh kekurangan air. Namun jika rasa haus terus datang dan tidak kunjung reda setelah minum, bisa jadi Anda terlalu banyak mengonsumsi garam.

Rasa haus disebabkan konsentrasi darah mulai naik dipicu peningkatan zat terlarut, termasuk natrium, kemudian otak dan ginjal mulai bekerja untuk memulihkan keseimbangan.

Hormon antidiuretik diaktifkan sehingga tubuh menahan cairan untuk mengencerkan lonjakan natrium. Sebuah studi pada Desember 2016 menyebut dalam proses ini, sinyal saraf dapat memberikan sinyal sensasi haus.

Agar tidak dehidrasi, tubuh memberikan sinyal haus, mulut terasa kering begitu pula kulit.

2. Terlalu banyak buang air kecil

Tanda umum akibat terlalu banyak konsumsi garam selanjutnya adalah sering buang air kecil. Keinginan buang air kecil ini bisa saja timbul di malam hari atau di saat tidur.

Sering buang air kecil juga dapat menjadi tanda infeksi saluran kencing (ISK), diabetes tipe 2 atau kemis yang terlalu aktif. 

3. Perut kembung

Kembung adalah salah satu tanda yang muncul akibat terlalu banyak mengonsumsi garam. Biasanya, kembung muncul karena tubuh menahan air sehingga banyak cairan menumpuk.

4. Edema



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x