Kompas TV lifestyle kesehatan

7 Makanan yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan Otak, Termasuk Brokoli dan Ikan

Kompas.tv - 2 April 2024, 12:03 WIB
7-makanan-yang-dapat-meningkatkan-kecerdasan-otak-termasuk-brokoli-dan-ikan
7 makanan yang dapat meningkatkan kecerdasan otak. Salah satunya, brokoli. (Sumber: Annie Spratt on Unsplash)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Otak adalah organ vital yang membutuhkan banyak energi. Fungsi otak yang optimal bergantung pada nutrisi yang didapatkan dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Otak menggunakan sekitar 20 persen kalori tubuh, sehingga membutuhkan banyak bahan bakar yang baik untuk mempertahankan fungsi sepanjang hari. Otak juga membutuhkan nutrisi tertentu supaya tetap sehat.

Dilansir Eating Well, makanan yang kaya akan vitamin, mineral, antioksidan, flavanol, polifenol, dan asam lemak omega-3 dapat membantu melindungi otak.

Jenis makanan tersebut dapat membantu meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan kesehatan otak secara keseluruhan.

Baca Juga: 6 Jenis Makanan untuk Menjaga Kesehatan Lambung saat Berpuasa

7 Makanan yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan Otak

1. Telur

Salah satu makanan yang dapat meningkatkan kecerdasan otak adalah telur. Telur merupakan salah satu sumber protein yang mudah didapat.

Kuning telur mengandung senyawa choline yang dapat membantu perkembangan memori. 

2. Ikan

Minyak ikan adalah sumber asam lemak omega-3 yang baik. Omega-3 membantu membangun membran di sekitar setiap sel dalam tubuh, termasuk sel-sel otak. 

Kandungan ini bisa memperbaiki struktur sel-sel otak yang disebut neuron. Ikan yang mengandung omega-3 yang tinggi di antaranya, ikan salmon, ikan kembung, tuna, dan sarden.

3. Brokoli

Brokoli juga masuk dalam daftar makanan yang dapat meningkatkan kecerdasan otak. Sayuran hijau ini kaya akan antioksidan dan vitamin K. 

Vitamin K merupakan vitamin larut lemak yang penting untuk membentuk sfingolipid atau tipe lemak yang membungkus sel-sel otak. Sejumlah studi menghubungkan asupan vitamin K dengan ingatan yang lebih baik.

Selain vitamin K, brokoli juga mengandung komponen antiinflamasi dan efek antioksidan sehingga membantu melindungi otak dari kerusakan.

4. Blueberry



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x