Kompas TV lifestyle kesehatan

6 Jenis Makanan untuk Menjaga Kesehatan Lambung saat Berpuasa

Kompas.tv - 30 Maret 2024, 06:00 WIB
6-jenis-makanan-untuk-menjaga-kesehatan-lambung-saat-berpuasa
Teh Jahe (Sumber: SHUTTERSTOCK/Aboikis)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Selama puasa Ramadan Anda tetap bisa menjaga kesehatan lambung dengan cara berbuka dengan makanan terbaik.

Mengutip Very Well Health, kunci memilih makanan agar lambung sehat selama puasa adalah menghindari makanan asam, pedas, berlemak, gorengan, bergula, olahan, dan berkafein yang dapat mengiritasi.

Pilihan terbaik yang disarankan adalah makanan lunak serta rendah gula, asam, dan lemak jenuh. Mengikuti cara itu bisa menjadi tips puasa sehat bagi lambung Anda.

Baca Juga: 

Baca Juga: 7 Makanan Sahur untuk Penderita Asam Lambung

Daftar makanan terbaik untuk lambung sehat, dapat Anda makan selama buka puasa:

Teh jahe

Kandungan utama jahe adalah gingerol yang memiliki sifat antioksidan dan anti inflamasi. Meminum teh jahe sebelum atau sesudah makan merangsang sekresi air liur, cairan lambung dan produksi empedu, menetralkan asam lambung.

Biji chia

Biji chia memiliki sifat anti-inflamasi dan membantu mengobati gejala refluks asam. Selain itu, makanan ini juga kaya nutrisi, serat, dan asam lemak omega-3. Ini dapat ditambahkan (setelah direndam dalam air) ke minuman dingin, smoothie, jus buah, yoghurt, bubur, puding, dan dikonsumsi sebagai takjil.

Buah-buahan dan sayuran

Pilihlah buah dan sayuran rendah asam seperti apel, beri, labu, dan wortel. Pisang juga dapat membantu dengan merangsang produksi lendir yang melindungi terhadap asam lambung. Namun, hindari makan terlalu banyak karena dapat menyebabkan kembung, gas, dan kram pada beberapa orang.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x