Kompas TV lifestyle kesehatan

3 Langkah Sederhana dan Efektif Cegah Rambut Rontok saat Berpuasa

Kompas.tv - 18 Maret 2024, 21:18 WIB
3-langkah-sederhana-dan-efektif-cegah-rambut-rontok-saat-berpuasa
Ilustrasi. Kerontokan rambut bisa menjadi salah satu masalah yang dihadapi saat berpuasa. (Sumber: Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Saat berpuasa, kita seringkali lebih fokus pada masalah kulit seperti kekeringan dan kekasaran. Namun, yang mengejutkan adalah bahwa puasa juga bisa menyebabkan masalah pada rambut, seperti kerontokan.

Hal-hal tersebut diakibatkan karena pola makan yang tidak sehat selama bulan Ramadan dan beberapa kebiasaan berpuasa yang kurang tepat.

Namun tidak perlu merasa khawatir, karena berikut ini terdapat tiga langkah sederhana mencegah kerontokan rambut saat menjalankan ibadah puasa:

1. Memenuhi Asupan Air yang Cukup

Kehadiran jumlah air yang mencukupi di dalam tubuh memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan rambut serta mencegah terjadinya dehidrasi. Kurangnya cairan dalam tubuh juga dapat memperbesar risiko kerontokan rambut.

Maka dari itu, sangatlah penting untuk memperbanyak konsumsi air putih sebanyak 8-10 gelas setiap harinya, saat sahur maupun berbuka puasa.

Baca Juga: Simak, 6 Cara Efektif Agar Terhindar Dehidrasi saat Berpuasa: Hindari Garam Hingga Kafein

2. Mengonsumsi Makanan yang Bergizi

Penting untuk memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa adalah makanan yang kaya akan protein, vitamin, dan mineral yang mendukung pertumbuhan rambut yang sehat.

Beberapa contoh makanan bergizi yang baik untuk kesehatan rambut termasuk telur, kacang-kacangan, sayuran hijau, ikan, dan buah beri.

Baca Juga: 6 Makanan dan Minuman untuk Jaga Kesehatan Pencernaan, Cocok Dikonsumsi saat Berbuka Puasa

3. Mengelola Stres Selama Berpuasa

Terkadang, beberapa individu cenderung lebih rentan terhadap stres saat berpuasa. Stres dapat mengganggu keseimbangan hormon, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Oleh karena itu, penting untuk mencoba aktivitas yang dapat mengurangi tingkat stres, seperti yoga, meditasi, dan metode relaksasi lainnya.

Baca Juga: 10 Cara Ampuh Menghindari dan Mengatasi Rasa Kantuk di Siang Hari saat Berpuasa


 



Sumber : Stylo.Grid.Id


BERITA LAINNYA



Close Ads x