Kompas TV lifestyle kesehatan

10 Cara Ampuh Menghindari dan Mengatasi Rasa Kantuk di Siang Hari saat Berpuasa

Kompas.tv - 14 Maret 2024, 03:00 WIB
10-cara-ampuh-menghindari-dan-mengatasi-rasa-kantuk-di-siang-hari-saat-berpuasa
Ilustrasi. Cara mencegah kantuk di siang hari saat berpuasa (Sumber: Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Merasa kantuk saat menjalani puasa Ramadan merupakan hal yang lazim dialami oleh banyak orang, terutama di siang hari.

Menurut ahli gizi dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Perdana Samekto, seperti yang dikutip dari Kompas.com, mengungkapkan terdapat beberapa penyebab utama mengapa seseorang dapat merasa mengantuk saat menjalani puasa.

Pertama, waktu tidur umumnya akan berkurang selama bulan Ramadan karena adanya aktivitas ibadah seperti shalat malam dan sahur.

Penyebab lainnya adalah karena selama berpuasa, tubuh berupaya mengubah cadangan energi untuk mempertahankan agar tidak terlalu banyak kehilangan energi. Kondisi ini dapat menyebabkan timbulnya rasa kantuk dan kelelahan.

Namun tidak perlu khawatir, berikut ini adalah 10 cara yang bisa dicoba untuk menghindari dan mengatasi rasa kantuk di siang hari saat menjalani puasa, sehingga aktivitas harian tidak terganggu.

1. Tidur Siang Sejenak

Tidur sebentar di siang hari dapat membantu mengurangi rasa kantuk. Tetapi, disarankan untuk tidak tidur terlalu lama, sebaiknya tidak lebih dari 30 menit.

Pasalnya, tidur siang yang berlebihan dapat menyebabkan tubuh terasa lemas. Untuk menghindari gangguan pada jam biologis tubuh, direkomendasikan untuk tidur siang dalam rentang waktu 10 hingga 25 menit saja.

2. Bergerak

Untuk mengatasi rasa kantuk saat menjalani puasa, penting untuk menghindari terlalu banyak duduk atau diam di satu tempat pada siang hari, terutama saat bekerja atau belajar.

Kebiasaan tersebut dapat menyebabkan timbulnya kantuk yang tidak diinginkan, sehingga sangat direkomendasikan untuk melakukan gerakan tubuh atau berjalan ringan ketika merasakan kantuk datang.

Selain itu, kurangnya pasokan oksigen juga dapat menjadi penyebab utama timbulnya kantuk di siang hari.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Buah yang Baik dan Aman Dikonsumsi untuk Berbuka Puasa

3. Membuat Jadwal Tidur

Membuat jadwal tidur malam yang teratur adalah salah satu strategi untuk mengatasi rasa kantuk saat menjalani puasa.

Menjaga durasi tidur yang cukup di malam hari dapat membantu mengurangi perasaan 'hutang tidur' saat siang hari, sehingga kita dapat tetap terjaga dan bugar.

4. Mencari Sinar Matahari

Kurangnya paparan cahaya matahari juga dapat menjadi pemicu kantuk. Saat kondisi pencahayaan redup, mata dapat menerima sinyal untuk beristirahat, sehingga dapat menyebabkan rasa kantuk.

Oleh karena itu, disarankan untuk keluar dan mencari paparan langsung sinar matahari atau menyalakan lampu di dalam ruangan untuk membantu menjaga kewaspadaan dan mengurangi kantuk.

5. Hindari Terlalu Sering Menatap Layar

Menghindari terlalu sering menatap layar sangat disarankan agar tidak menyebabkan rasa lelah dan kantuk yang tidak diinginkan.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x