Kompas TV lifestyle kesehatan

4 Cara Ampuh Tingkatkan Hormon Serotonin untuk Mengatasi Stres saat Berpuasa

Kompas.tv - 18 Maret 2024, 22:00 WIB
4-cara-ampuh-tingkatkan-hormon-serotonin-untuk-mengatasi-stres-saat-berpuasa
Ilustrasi. Meningkatkan hormon serotonin bisa menjadi salah satu cara mencegah stres saat berpuasa (Sumber: creativeart on Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Stres adalah masalah umum yang dapat muncul selama bulan puasa. Oleh karena itu, penting untuk mencari cara alami untuk mengatasi stres dengan meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh.

Serotonin adalah hormon yang berperan penting dalam menekan dan meredakan stres. Hormon ini membantu menciptakan suasana pikiran yang lebih positif dan perasaan senang. 

Ketika kadar hormon serotonin rendah, ada cara untuk meningkatkannya secara alami tanpa menggunakan obat-obatan. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti yang dikutip dari Healthline dan Very Well Mind.

1. Berolahraga

Olahraga secara umum dapat membantu mengurangi stres. Gerakan yang dilakukan oleh otot-otot saat berolahraga akan menghasilkan tryptophan, yang kemudian akan diubah oleh tubuh menjadi serotonin.

Setelah tryptophan diubah menjadi serotonin, hormon ini akan mengurangi jumlah asam amino dalam tubuh.

Dengan demikian, tryptophan lebih mudah untuk mencapai otak, yang dapat membantu meningkatkan produksi serotonin dan mengurangi stres.

Baca Juga: Waspada! Ini 5 Dampak Buruk Minum Air Dingin Saat Berbuka Puasa

2. Melakukan Aktivitas di Luar Ruangan

Paparan sinar matahari adalah salah satu cara alami untuk meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh. Terutama pada musim dingin, di mana tingkat pancaran sinar matahari cenderung menurun, sering kali menyebabkan penurunan kadar serotonin.

Untuk mencegah stres saat berpuasa, sangat disarankan meluangkan waktu 10-15 menit setiap hari dengan melakukan aktivitas di luar ruangan. Hal ini dapat membantu regenerasi kulit dan merangsang produksi serotonin.

Baca Juga: Simak, 6 Cara Efektif Agar Terhindar Dehidrasi saat Berpuasa: Hindari Garam Hingga Kafein

Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di luar ruangan saat berpuasa tanpa menimbulkan kelelahan, antara lain berolahraga ringan atau hanya duduk santai sambil menikmati cahaya matahari.

3. Memperhatikan Pola Makan

Pola makan juga memainkan peran penting dalam produksi serotonin dalam tubuh. Makanan yang dikonsumsi bisa menjadi salah satu sumber utama serotonin, terutama makanan yang mengandung tryptophan

Contoh makanan yang kaya akan tryptophan antara lain seperti kedelai, ayam, salmon, telur, sayur bayam, dan kacang-kacangan.

Mengonsumsi makanan-makanan ini dalam menu sahur dan berbuka puasa dapat membantu meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh serta membantu mengurangi stres.

Baca Juga: 6 Cara Ampuh Mengatasi Sakit Tenggorokan Terasa Tidak Nyaman saat Berpuasa

4. Pijat

Pijat dapat membantu meningkatkan kadar serotonin dan dopamine dalam tubuh. Selain itu, pijat juga dapat membantu menurunkan kadar kortisol, yaitu hormon yang bertanggung jawab atas stres.

Dengan melakukan terapi spa atau pijat secara rutin, tubuh dan pikiran akan merasa lebih rileks, dan tingkat stres dapat berkurang.

Sebagai alternatif, luangkan waktu sembari ngabuburit dengan mengunjungi salon atau tempat pijat untuk mendapatkan terapi pijat yang menenangkan.


 



Sumber : Healthline, Very Well Mind


BERITA LAINNYA



Close Ads x