Kompas TV lifestyle kesehatan

10 Buah Rendah Gula yang Pas Disantap saat Berbuka Puasa

Kompas.tv - 15 Maret 2024, 15:44 WIB
10-buah-rendah-gula-yang-pas-disantap-saat-berbuka-puasa
Grapefruit adalah salah satu jenis buah citrus yang memiliki kadar gula rendah sehingga cocok untuk disantap saat berbuka puasa. (Sumber: Isaac Quesada on Unsplash)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Makan buah saat berbuka puasa dapat mengembalikan kadar gula darah yang menurun. Namun, mengonsumsi buah secara berlebihan atau yang memiliki kandungan gula yang tinggi, justru akan meningkatkan gula darah secara drastis.

Memilih jenis buah yang mengandung gula rendah bisa menjadi salah satu alternatif untuk menjaga agar gula darah tetap stabil, setelah berbuka puasa.

Buah-buah yang memiliki kandungan gula rendah antara lain seperti stroberi, blackberry, jeruk, grapefruit, dan alpukat.

Dilansir Healthline, berikut 10 buah yang mengandung gula rendah yang cocok untuk berbuka puasa.

Baca Juga: BMKG Imbau Waspada Potensi Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan! Mana Saja Lokasi yang Rawan Bencana?

10 Buah Rendah Gula untuk Berbuka Puasa

1. Grapefruit

Grapefruit adalah salah satu jenis buah citrus yang memiliki kadar gula rendah, atau sekitar 8,5 gram dalam setiap setengah buah berukuran sedang.

Grapefruit juga memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes dan dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2.

2. Buah Beri

Buah beri, seperti rasberi, stroberi, dan blackberry, memiliki kadar gula yang rendah dan memiliki banyak nutrisi yang baik untuk tubuh.

Buah beri juga memiliki kandungan antioksidan dan serat yang baik untuk tubuh sehingga dapat memperlambat penyerapan gula di dalam darah serta mencegah terjadinya gula darah tinggi.

3. Cranberry

Satu cup buah cranberry memiliki kadar gula sebesar 4 gram. Selain rendah gula, cranberry juga memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk tubuh karena dapat mengurangi kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

4. Semangka

Buah semangka enak dan menyegarkan jika dikonsumsi saat berbuka puasa. Satu cup buah semangka yang sudah dipotong-potong memiliki kandungan 9 gram gula dan 45 kalori.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x