Kompas TV lifestyle kesehatan

Catat! Inilah 7 Cara Menambah Berat Badan Selama Bulan Ramadan

Kompas.tv - 13 Maret 2024, 03:00 WIB
catat-inilah-7-cara-menambah-berat-badan-selama-bulan-ramadan
Ilustrasi. Menambah berat badan meski sedang berpuasa (Sumber: Jcomp on Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Puasa Ramadan merupakan kewajiban ibadah yang dilaksanakan oleh seluruh umat Muslim selama satu bulan penuh. Umat muslim melaksanakan ibadah puasa mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari, di mana mereka menahan diri dari mengonsumsi makanan dan minuman selama periode tersebut.

Bagi sebagian individu, puasa Ramadan dapat menyebabkan penurunan berat badan, sehingga penting untuk tetap menjaga kesehatan dan keseimbangan nutrisi. Di sisi lain, bagi mereka yang bertujuan menambah berat badan, diperlukan cara yang berbeda untuk mencapai tujuan tersebut.

Penambahan berat badan dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti meningkatkan tingkat kesehatan dan kebugaran, pembentukan otot, atau mengelola pola makan, terutama dengan memperhatikan konsumsi protein tinggi untuk merangsang pertumbuhan massa otot.

Mengutip dari Dubaipt.com, berikut adalah 7 cara menambah berat badan yang dapat dilakukan selama bulan Ramadan.

1. Meningkatkan Frekuensi Makan

Selama bulan Ramadan, waktu untuk makan sangatlah terbatas, sehingga disarankan untuk meningkatkan frekuensi makan dengan porsi kecil.

Sebagai contoh, kamu dapat makan beberapa kali dengan porsi kecil setelah berbuka puasa dan sebelum sahur. Cara ini dapat membantu meningkatkan berat badan secara sehat dan mempercepat metabolisme tubuh.

2. Mengonsumsi Makanan Bergizi Tinggi

Ketika berbuka puasa dan sahur, pastikan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, termasuk protein, karbohidrat, lemak sehat, serat, vitamin, dan mineral.

Baca Juga: Resep Opor Ayam Belimbing Wuluh, Hidangan Istimewa untuk Sahur atau Berbuka Puasa

Pilihlah jenis makanan yang tinggi kalori dan protein, seperti daging, ikan, telur, kacang-kacangan, kentang, nasi, roti, dan pasta, untuk memastikan asupan nutrisi yang cukup.

3. Meningkatkan Asupan Cairan

Pastikan untuk mengonsumsi air putih yang cukup atau minuman yang mengandung elektrolit selama bulan puasa.

Hindarilah minuman berkafein atau beralkohol, karena dapat memperburuk dehidrasi dan mempengaruhi keseimbangan cairan dalam tubuh.

4. Mengonsumsi suplemen

Jika diperlukan, kamu bisa mempertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen gizi guna melengkapi asupan nutrisi tubuh, terutama ketika kesulitan mendapatkan makanan bergizi selama berpuasa.



Sumber : Dubaipt.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x